Home > Humor

Humor Gus Dur: Nakal Sejak Kecil Bikin Gus Dur Jadi Orang Muhammadiyah

Darah Gus Dur bercampur dengan DNA Muhammadiyah sejak pindah dari Jombang ke Yogyakarta.
Gus Dur. Gara-gara tidak naik kelas, Gus Dur hijrah ke Yogyakarta dan jadi orang Muhammadiyah. Foto: IST
Gus Dur. Gara-gara tidak naik kelas, Gus Dur hijrah ke Yogyakarta dan jadi orang Muhammadiyah. Foto: IST

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Budayawan Cak Nun mengungkapkan jika sahabatnya, Gus Dur sudah mbeling alias nakal sejak kecil. Saking nakalnya membuat Gus Dur pernah tidak naik kelas yang membuatnya harus pindah ke Yogyakarta.

Kepindahan Gus Dur dari Jombang ke Yogyakarta itu, membuat darah Gus Dur yang kental sebagai Nahdlatul Ulama (NU) bercampur dengan DNA Muhammadiyah. Saat menyambangi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Gus Dur bercerita ia pernah tinggal selama tiga tahun di Kauman pada 1954 sampai 1957. Saat itu Gus Dur bergaul dengan anak-anak muda di sana.

BACA JUGA: Ronggowarsito Ramal Gunung Krakatau Meletus Hingga Mengguncang Dunia

“Saya dulu tinggal di rumah Pak Djunaedi, kalau panggilannya ya Pak Joned,” kata Gus Dur kala itu yang disambut tawa hadirin Masjid Gedhe Yogyakarta, Jumat tanggal 18 Februari 2000 sebagaimana dalam Reportase Majalah SM No 5 tahun itu.

Selama tiga tahun di Kauman, Gus Dur menimba ilmu di Sekolah Menengah Ekonomi Pertama (SMEP) Negeri di Gowangan Yogyakarta. “Mau tahu kenapa saya sekolah di Yogya, biasa karena tidak naik kelas,” kata Gus Dur berkelakar yang membuat tawa jamaah Masjid Kauman kala itu.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Penggali Kubur Semangat Injak-injak Kuburan Orang Kaya Alasannya karena Sakit Hati

Karena kepindahan itu, Gus Dur berguru kepada ulama Muhammadiyah... di halaman selanjutnya

× Image