Home > Sejarah

Israel Pernah Bikin Indonesia Gagal ke Piala Dunia 1958, Bagaimana dengan Piala Dunia U-20 2023?

Lolosnya Timnas Israel ke Piala Dunia U-20 2023 menjadi polemik karena akan digelar di Indonesia.

Indonesia Gagal ke Piala Dunia. Gara-gara menolak bertanding melawan Israel, Indonesia pernah gagal lolos ke Piala Dunia 1958. Foto: IST
Indonesia Gagal ke Piala Dunia. Gara-gara menolak bertanding melawan Israel, Indonesia pernah gagal lolos ke Piala Dunia 1958. Foto: IST

PIALA DUNIA 1958

Indonesia saat masih bernama Hindia Belanda pernah tampil di Piala Dunia 1938 Prancis. Timnas Indonesia berpeluang besar mengulangi capaian serupa di Piala Dunia Swedia 1958, bahkan tinggal selangkah lalu lolos ke putaran final karena hanya menyisakan satu partai penentuan zona Asia. Lawannya pun hanya tim lemah, Israel. Sayangnya, justru karena lawannya Israel, Indonesia memilih tidak ikut bertanding.

Indonesia menolak bermain melawan Israel. Karena, FIFA menolak usul Indonesia agar pertandingan diselenggarakan di negara netral tanpa lagu kebangsaan. Akhirnya Indonesia memutuskan mundur dari pesta sepak bola paling akbar sejagat raya itu.

BACA JUGA: Sikap Keras Soekarno Mengutuk Kebrutalan Israel kepada Rakyat Palestina

Mundurnya Indonesia dari pentas sepak bola paling akbar sejagat raya itu bukan tanpa sebab. Pasalnya Presiden Soekarno yang tegas dan dikenal sangat anti-Israel.

FIFA yang memberikan kesempatan kepada sejumlah negara untuk menggantikan Indonesia bertanding melawan Israel pun harus kecele. Sebab, Sudan, Turki, hingga Belgia menolak satu lapangan dengan Israel.

Akhirnya FIFA yang kebingungan mencari lawan menemukan tim papan bawah Eropa, Wales. Israel kalah melawan Wales di laga kandang dan tandang dengan skor serupa 2-0. Wales pun lolos ke Piala Dunia Swedia 1958.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Jenderal Orba Menang Lomba Tebak Umur Mumi, Caranya Dipukulin Sampai Ngaku Sendiri

> Sejarah Sumpit yang Diharamkan Dipakai Umat Islam untuk Makan

>Tak Perlu Pakai Pawang, Begini Cara Muhammadiyah Cegah Hujan

> Pawang Hujan Mandalika, Ustadz Khalid Basalamah: Pawang Hujan Itu Dukun, Haram Hukumnya dalam Islam

> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

> Humor Gus Dur: Bertemu PM Mesir Juru Catat Bingung, Apa yang Dicatat Gus Dur Hanya Cerita Lucu

> Humor Gus Dur: Dikritik Tangannya Dicium Ibu-Ibu Pengajian, Dijawab Gak Mungkin Saya Nikahi Semua

> Humor Gus Dur: Cak Nun Batal Temani Soeharto Tobat Gara-Gara Dikerjain Gus Dur

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image