Home > Sejarah

Legenda Bang Pi'ie, Jagoan yang Sekali Pukul Bikin Penjahat Mati

Nama Bang Pi#039ie menjadi nama jalan yang ditetapkan Gubernur DKI Anies Baswedan.
 Kapten Syafi’ie alias Bang Pi’ie.
Kapten Syafi’ie alias Bang Pi’ie.

CERITA ABAH: Artikel ini adalah warisan berupa tuturan dari sejarawan sekaligus wartawan senior (Almarhum) Alwi Shahab kepada kami dan kami tulis ulang. Selamat Menikmati.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Saya pernah mengikuti kunjungan Gubernur Ali Sadikin saat dia hendak memindahkan para PSK dari Planet Senen ke Kramat Tunggak. Ternyata, di antara para pelacur terdapat seorang puteri penyanyi keroncong terkenal tahun 1940-an. Entah bagaimana ia sampai terjerembab ke tempat mesum itu.

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, yang menangani keamanan di Senen, termasuk tempat pelacuran Planet, adalah Cobra di bawah pimpinan Kapten Syafi’ie alias Bang Pi’ie. Pada saat revolusi 1945, dia menggerakkan para jagoan di Senen untuk mengangkat senjata melawan NICA (tentara Belanda).

BACA JUGA: 23 Nama Tokoh Betawi Gantikan Nama Jalan di Jakarta

Banyak soldadoe Belanda dan kaki tangannya yang dibunuh Bang Pi’ie dan pasukannya. Seperti dalam pertempuran di belakang bioskop Rex (kini pertokoan) dan bioskop Rialto (kini Gedung Wayang Orang Senen), Kwitang, dan Gang Sentiong, Jakarta Pusat.

Setelah penyerahan kedaulatan (awal 1950), karena banyak anggotanya yang tidak mendapat tempat di TNI, Bang Pi’ie menghimpun para pejuang kemerdekaan itu dalam organisasi Cobra. Waktu itu Bang Pi’ie berpangkat kapten dan merupakan perwira yang diperbantukan di KMKBDR (Komando Militer Kota Besar Djakarta Raya).

BACA JUGA: Muhammadiyah Ungkapkan 14 Pokok Ajaran LDII yang Pernah Ditetapkan Sebagai Aliran Sesat

× Image