Home > Hikmah

Bacaan Dzikir Pagi Pembuka Pintu Rezeki dan Keberkahan

Di antara banyak waktu yang baik dalam melaksanakan zikir, waktu pagi merupakan salah satunya.
Dzikir. Di antara banyak waktu yang baik dalam melaksanakan zikir, waktu pagi merupakan salah satunya. Foto: Republika.
Dzikir. Di antara banyak waktu yang baik dalam melaksanakan zikir, waktu pagi merupakan salah satunya. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Salah satu cara mengingat Allah adalah dengan berdzikir. Allah SWT berfirman yang artinya, "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS Ar Ra'ad [13] : 28).

Di antara banyak waktu yang baik dalam melaksanakan zikir, waktu pagi merupakan salah satunya. Zikir pagi telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Ada tiga keutamaan zikir pagi. Pertama, zikir pagi berarti ungkapan rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT atas kehidupannya hari itu. Kedua, zikir pagi bermakna memohon perlindungan kepada Allah SWT atas segala bencana dan makar buruk yang akan menimpa pada hari itu. Ketiga, zikir pagi memiliki makna pengakuan diri seorang Muslim atas segala kelemahan yang ada.

BACA JUGA: Pesawat Berisi 182 Jamaah Haji Indonesia Meledak Menabrak Bukit Nabi Adam di Srilangka

Dzikir pagi berikut patut diamalkan karena akan membuat kita lebih semangat di pagi hari dan dimudahkan Allah dalam segala urusan.

Untuk waktunya, yang utama dibaca saat masuk waktu Shubuh hingga matahari terbit. Namun boleh juga dibaca sampai matahari akan bergeser ke barat (mendekati waktu Zhuhur).

Adapun dzikir yang kali ini Kurusetra publish adalah revisi dari yang ada sebelumnya setelah menyaring dzikir yang menurut kami lemah (dho’if) berdasarkan penilaian para ulama. Juga dalam dzikir pagi kali ini, kami sertakan dengan faedah dari setiap dzikir berdasarkan hadits yang menyebutkan dzikir tersebut sehingga dengan itu bisa merenung maksud dzikir dan raih manfaatnya.

BACA JUGA: Harimau Jawa Tiba-Tiba Muncul dan Menerkam 14 Penebang Kayu

Dzikir kali ini pun kami bantu dengan transliterasi untuk setiap bacaan selain bacaan Alquran, semoga bermanfaat bagi yang sulit membaca dzikir yang ada huruf demi huruf.

× Image