Home > Sejarah

Presiden Gus Dur Hobi Reshuffle Kabinet: SBY, JK Hingga Wiranto Pernah Dicopot Jadi Menteri

Sejumlah menteri dicopot karena berbagai alasan, mulai dari tidak sejalan dengan visi misi presiden, hingga dugaan korupsi.
Presiden Gus Dur dan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri. Selama menjabat selama sekitar dua tahun, Presiden Gus Dur berkali-kali melakukan perombakan kabinet. Foto: IST.
Presiden Gus Dur dan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri. Selama menjabat selama sekitar dua tahun, Presiden Gus Dur berkali-kali melakukan perombakan kabinet. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Presiden Jokowi dilaporkan akan mengumumkan perombakan kabinet (reshuffle) hari ini. Namun, ini bukan kali pertama Presiden Jokowi mengganti pembantunya di kabinet, pada periode satu tahun pertama ia memutuskan mencopot sejumlah menterinya. Bicara reshuffle kabinet, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ketika menjadi presiden juga pernah melakukan hal serupa. Bahkan, Gus Dur terbilang "hobi" mencopot menterinya.

Sederet nama yang pernah menjadi menteri di Kabinet Persatuan Nasional dicopot Gus Dur. Mulai dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla (JK), hingga Wiranto.

BACA JUGA: Download Lagu dengan MP3 Juice, Mudah, Gratis, dan Cepat

JK dicopot sebagai Menteri Negara Perindustrian dan Perdagangan pada April 2000. Di waktu yang bersamaan, Presiden Gus Dur juga mencopot Laksamana Sukardi sebagai Menteri Negara BUMN.

Alasan pemecatan JK dan Sukardi karena keduanya dituding terlibat korupsi. Meski Presiden Gus Dur tak pernah memberikan bukti kuat.

BACA JUGA: Soal Rendang Babi, Gus Mus Sebut Korupsi Lebih Najis daripada Makan Babi dan Minum Bir

Setidaknya ada 13 menteri yang diganti Gus Dur selama kurang lebih dua tahun memimpin Indonesia di masa transisi dari era Orde Baru menuju Reformasi. Artinya sekitar dua menteri di-reshuffle setiap dua bulan sekali dengan berbagai alasan, mulai dari tidak bisa diajak bekerja sama, hingga mengundurkan diri karena berbeda pandangan atau visi dan misi dengan presiden.

× Image