Home > Hikmah

Gus Baha Jelaskan Mengapa Dua Kali Lamaran Rasulullah Ditolak oleh Cinta Pertamanya

Cinta Rasulullah bertepuk sebelah tangan oleh cinta pertamanya.
Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam. Rasulullah pernah ditolak dua kali lamarannya oleh satu perempuan yang sama. Foto: Republika.
Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam. Rasulullah pernah ditolak dua kali lamarannya oleh satu perempuan yang sama. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Kisah cinta Rasulullah shalallahu alahi wassalam dimulai bukan dengan Ummu Khadijah radhiyallahu anha. Sebelum menikah dengan Ummu Khadijah, Nabi Muhammad jatuh cinta untuk kali pertama dengan teman kecil sekaligus sepupunya sendiri, bernama Fakhitah atau Ummu Hani, putri paman tercintanya, Abu Tholib.

Sayangnya, cinta Nabi Muhammad bertepuk sebelah tangan. Lamaran Nabi Muhammad ditolak sang paman. Bukan tanpa sebab Abu Tholib menolak lamaran keponakan yang paling dicintainya tersebut. Abu Tholib beralasan jika Fakhitah akan dinikahkan dengan seorang pemuda bernama Hubayroh.

BACA JUGA: Siapa Nupur Sharma, Politikus India yang Menghina Islam dan Nabi Muhammad

"Hubayroh sendiri adalah merupakan putra saudara ibu Abu Thalib dari Bani Makhzum," kata Gus Baha dalam satu ceramahnya yang diunggah di kanal Youtube Agus Mujib.

"Dia juga dikenal sebagai penyair sekaligus pemuda yang baik pekertinya. Saat itu, Bani Makhzum memiliki peran besar bagi keluarga Abi Thalib. Sehingga putrinya dinikahkan dengan Hubayroh yang telah melamar putrinya tersebut."

BACA JUGA: Politikus India Hina Nabi Muhammad, Islam Indonesia dari Gujarat, dan Warga India Hijrah ke Batavia

Nabi Muhammad pun menerima alasan dan nasihat pamannya. Nabi akhirnya menerima dengan lapang dada.

× Image