Home > Budaya

Mbah Dok, Khodam Nur di KKN di Desa Penari Viral, Gus Baha: Jangan Bersentuhan dengan Bangsa Jin

Gus Baha berpesan jika seseorang memiliki khodim jin dan tidak kuat, maka akan berdampak pada anaknya kelak.
KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha memperingatkan agar tidak bersekutu dengan jin. Foto: IST.
KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha memperingatkan agar tidak bersekutu dengan jin. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Cerita KKN di Desa Penari yang diangkat menjadi film layar lebar, tidak hanya mencuri perhatian tapi juga mampu memecahkan rekor film horor Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah perfilman Indonesia. Salah satu sisi yang banyak dibicarakan adalah kehadiran khodam pelindung Nur yaitu Mbah Dok.

Mbah Dok diyakini sebagai jin yang mengikuti Nur, salah satu karakter di film KKN di Desa Penari. Mbah Dok adalah sosok yang membongkar nama Badarawuhi sebagai ratu siluman ular di lokasi KKN di Desa Penari. Warga setempat hanya bisa menyebutkan sebutan Dawuh, namun tak berani menyebut nama Badarawuhi. Hanya kepada Mbak Dok, khodam pelindung Nur, Badarawuhi si ratu siluman ular menunduk hormat.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Pasukan Jin Ikut Apel Akbar NU karena Mereka Gak Minta Uang Transport

Satu dari 99 nama Allah atau Asma Al-Husna adalah Al-Khaliq yang artinya dialah yang menciptakan. Selain menciptakan manusia dan malaikat, Allah juga menciptakan jin sebagai makhluk yang harus tunduk dan diciptakan untuk menyembah-Nya.

Jin yang terbuat dari api ditakdirkan Allah untuk tidak terlihat oleh manusia. Mereka memiliki memiliki berbagai kemampuan yang tidak dimiliki oleh manusia, antara lain kemampuan untuk mengubah wujudnya menjadi berbagai macam bentuk menyerupai manusia dan binatang, seperti ular. Namun sejatinya, jin tidak lebih istimewa dari manusia, sehingga tidak perlu takut dengan keberadaan mereka.

BACA JUGA: Cak Nun: Yang Mengatur Hujan Bisa Tuhan, Wakil-Wakil Tuhan, atau Makhluk Seperti Jin dan Manusia

Meski memiliki tingkat yang lebih tinggi, manusia dilarang untuk bersekutu dengan jin. Seperti diterangkan KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. Ulama asal Rembang menjelaskan, dunia jin itu sangat mengerikan. Jika seseorang memiliki khodim jin dan tidak kuat, maka akan berdampak pada anaknya kelak.

“Pokoknya kepenak (enak) kalau tidak pernah bersentuhan dengan alam gaib (bangsa jin),” pesan Gus Baha.

BACA JUGA: Tidur Pagi Hari Habis Sholat Subuh Memang Nikmat, Tapi Risikonya Sungguh Dahsyat

× Image