Home > Hikmah

Tidur Pagi Hari Habis Sholat Subuh Memang Nikmat, Tapi Risikonya Sungguh Dahsyat

Ada enam bahaya tidur pagi hari selepas Sholat Subuh.
Tidur di pagi hari. Bahaya tidur selepas Sholat Subuh ternyata tidak main-main.
Tidur di pagi hari. Bahaya tidur selepas Sholat Subuh ternyata tidak main-main.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Siapa yang sehabis Sholat Subuh tidur lagi? Tidur pagi-pagi memang amat sangat menggoda, bahkan bisa mengalahkan rasa lapar dan menikmati seteguk kopi atau secangkir teh. Meski nikmat, tidur selepas Sholat Subuh ternyata memiliki dampak buruk yang tidak main-main.

Rasulullah shalallahu alahi wassalam memerintahkan umatnya tidak tidur usai Sholat Subuh. Dalam riwayat sahabat Ibnu Abbas sebagaimana diriwayatkan Imam Thabrani, Rasulullah bersabda:

إِذا صَلَّيْتُمُ الفَجْرَ فَلَا تَنامُوا عَن طَلَبِ أرزاقكم

"Idza shalaytumul-fajra fala tanamuu 'an thalabi arzuqakum,".

Artinya: "Ketika kalian sudah selesai melakukan shalat subuh, janganlah (mementingkan) tidur yang menjadi penyebab hilangnya rezekimu."

BACA JUGA: MP3 Juice Tawarkan Kemudahan Download Lagu, Begini Caranya

Menurut Syekh al-Munawi dalam Faidhul Qadir, kebiasaan Rasulullah SAW usai subuh dimulai dengan mencari rezeki. Yakni di waktu-waktu yang diberkahi. Setelah shalat Subuh, Rasulullah berzikir dan beristighfar kemudian setelah matahari terbit, barulah Rasulullah berjalan keluar mencari rezeki.

Tidak tidur dan melakukan aktivitas usai Sholat Subuh bisa menghindari kita dari berbagai penyakit, seperti membantu melancarkan tekanan gula darah dan juga peredaran darah yang dipompa melalui jantung ke seluruh organ tubuh.

BACA JUGA: SssTiktok, Aplikasi Download Video TikTok tanpa Watermark, Begini Cara Menggunakannya

× Image