Home > Humor

Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

Gus Dur sering disebut orang Muhammadiyah di NU karena pernah menimba ilmu dari sejumlah ulama Muhammadiyah.
KH Abdurrahman Wahid. Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mengaku sebagai orang Muhammadiyah yang ada di NU.
KH Abdurrahman Wahid. Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mengaku sebagai orang Muhammadiyah yang ada di NU.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur adalah kiai besar dari Nadhlatul Ulama (NU). Selain pernah menjadi Ketua Umum PBNU, garis keturunan Gus Dur pun langsung tersambung kepada pendirinya, KH Hasyim Asyari.

Namun, Gus Dur mengatakan jika ia bukan hanya orang Nahdliyin tetapi juga warga Muhammadiyah. Kok bisa?

BACA JUGA: Buya Yahya: Hukum Sedekah Pakai Uang Haram Tetap Dosa, Seperti Wudhu Pakai Air Kencing

Selama hidup, Gus Dur berguru kepada banyak ulama, tak terkecuali ulama-ulama dari Muhammadiyah. "Saya juga mengaji kepada Kiai Maksum Abu Hasan, Mbah Hana, dan Pak Basyir," kata Gus Dur suatu waktu saat berkunjung ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta seperti dilansir dari Suara Muhammadiyah.

Pak Basyir yang dimaksud Gus Dur adalah ayahanda dari KH Ahmad Azhar Basyir, Ketua PP Muhammadiyah sebelum Muhammad Amien Rais. Sementara Mbah Hana adalah Direktur Madrasah Mualimat Muhammadiyah Yogyakarta.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Gara-Gara Kualat ke Habibie, Kepala Bulog Kok Disuruh Benahi IPTN

× Image