Home > Hikmah

Ustadz Khalid Basalamah: Umat Islam Wajib Memulai Puasa Ramadhan Bersama Pemerintah

Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H bertepatan Sabtu (2/4/2022), sementara pemerintah 1 Ramadhan 1443 H dimulai pada Ahad (3/4/2022).
Puasa bersama pemerintah. Ustadz Khalid Basalamah menyatakan kewajiban memulai puasa bersama pemerintah di akun Instagramnya. Foto: Tangkapan Layar.
Puasa bersama pemerintah. Ustadz Khalid Basalamah menyatakan kewajiban memulai puasa bersama pemerintah di akun Instagramnya. Foto: Tangkapan Layar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah bertepatan dengan Ahad, 3 April 2022, sementara PP Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan 1 Ramadhan 2022 bertepatan Sabtu, 2 April 2022. Lantas siapa yang sebaiknya kita ikuti?

Ustadz Khalid Basalamah dalam postingannya di akun Instagram @khalidbasalamahofficial mengatakan, kewajiban memulai puasa bersama pemerintah. Ia lantas mengunggah alasan mengapa umat Islam di Indonesia perlu mengikuti pemerintah.

Al-‘Allaamah As-Sindi rahimahullah berkata,

وَالظَّاهِر أَنَّ مَعْنَاهُ أَنَّ هَذِهِ الْأُمُور لَيْسَ لِلْآحَادِ فِيهَا دَخْل وَلَيْسَ لَهُمْ التَّفَرُّد فِيهَا بَلْ الْأَمْر فِيهَا إِلَى الْإِمَام وَالْجَمَاعَة وَيَجِب عَلَى الْآحَاد اِتِّبَاعهمْ لِلْإِمَامِ وَالْجَمَاعَة

“Dan nampak jelas bahwa makna hadits ini adalah, perkara-perkara ini (menentukan waktu puasa dan hari raya) tidak boleh ada campur tangan individu-individu, dan tidak boleh bagi mereka untuk menetapkan keputusan sendiri, akan tetapi keputusannya diserahkan kepada pemimpin dan pemerintah, dan wajib bagi individu-individu untuk mengikuti keputusan pemimpin dan pemerintah.” [Haasyiatus Sindi ‘ala Ibni Majah, 1/509]

BACA JUGA: Gus Baha: Yang Mengharamkan Sebut Rokok Itu Kencingnya Setan

Muhammadiyah sendiri telah memutuskan 1 Ramadhan 2022 jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Keputusan itu diumumkan setelah melewati metode hisab hakiki wujudul hilal yang berpedoman pada Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Keputusan puasa hari pertama 2022 ini dituangkan dalam Maklumat PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.O/E/2022 di mana dijelaskan juga bahwa 1 Syawal jatuh pada Senin (2/5/2022). Artinya, warga Muhammadiyah akan merayakan Lebaran pada 2 Mei 2022.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Gus Baha: Rokok Haram, Tapi...

> Haramkan Bekerja di Perusahaan Rokok, Ustadz Khalid: Sampai Kapan Anda Mau Makan yang Haram

> Humor Gus Dur: Di Pesantren Santri Dilarang Merokok, Kalau Kiai Boleh

> Apa Kira-Kira Jawaban Gus Dur Soal Isu Wayang Haram?

> Sujiwo Tejo: Babi Saja Buatan Tuhan Diharamkan, Apalagi Wayang Buatan Manusia

> Gorden Rp48 M DPR, Jadi Teringat Rasulullah yang Marah karena Gorden di Rumah Aisyah

> Sama-Sama Ditolak GP Ansor dan Bermarga Basalamah, Apakah Ustadz Khalid dan Ustadz Syafiq Kakak Adik

> Siapa Sebenarnya Sarinah, Sampai-Sampai Namanya Jadi Nama Mal Pertama di Indonesia

> Sujiwo Tejo: Indonesia Mayoritas Muslim Kenapa Harus Ada Logo Halal, Tapi Enggak Ada Logo Haram?

> Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

CEK DAN SIMPAN JADWAL PUASA RAMADHAN DARI KURUSETRA:

Jadwal Imsak dan Sholat Lima Waktu Ramadhan 2022. Foto: Kurusetra
Jadwal Imsak dan Sholat Lima Waktu Ramadhan 2022. Foto: Kurusetra

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image