Home > Wisata

Peuyeum, Makanan Khas Bandung yang Manisnya Pas untuk Temani Buka Puasa

Peuyeum jadi rekomendasi makanan buka puasa di saat Ramadhan.
Peuyeum Bandung. Salah satu makanan yang banyak diburu di Kota Bandung adalah peuyeum. Rasa manisnya yang pas membuat peuyeum layak masuk daftar menu buka puasa Ramadhan.
Peuyeum Bandung. Salah satu makanan yang banyak diburu di Kota Bandung adalah peuyeum. Rasa manisnya yang pas membuat peuyeum layak masuk daftar menu buka puasa Ramadhan.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Bandung bukan saja surga para wisatawan, tetapi juga surga para penikmat kuliner. Berbagai makanan khas tersedia di Kota Bandung, salah satu yang paling ikonik adalah peuyeum.

Makanan yang terbuat dari singkong ini bisa dibilang salah satu yang paling ramah di kantong. Di Kota Bandung, kita bisa menemukan banyak penjual peuyeum di pinggir jalan.

BACA JUGA: Menyantap Lontong Balap, Makanan yang Melegenda dari Surabaya

Peuyeum memang berasal dari singkong, tapi yang sudah diolah serupa tape. Makanan ini awalnya banyak dihasilkan dari daerah Cipeyeum, karena itu tape singkong ini kemudian disingkat dengan sebutan Peuyeum.

Seiiring perkembangan zaman, di mana berbagai cafe dan rumah makan modern yang banyak dibuka di Kota Bandung, kepopuleran peuyeum perlahan-lahan tergeser. Apalagi kuliner di Bandung juga mengalami perkembangan. Namun, meski dibilang minim variasi, Peuyeum tetap menjadi primadona.

BACA JUGA: Deddy Corbuzier dan Youtuber Dede Inoen Makan Hantu Kuyang Pakai Bumbu Rendang Nasi Padang

BEDA DENGAN TAPE SINGKONG
Serupa tapi tak sama. Meski terlihat mirip, ternyata peuyeum memiliki perbedaan dengan tape singkong. Peuyeum lebih tahan lama karena kurang berair, sementara tape singkong tidak tahan lama karena cepat sekali berair.

Meski sama-sama dari singkong dan sama-sama difermentasi, rasa tape umumnya lebih manis dari peuyeu. Peuyeum memiliki daging lebih keras dan lebih awet dibandingkan tape singkong. Sehingga peuyeum dapat diikat dan digantung. Karena itulah peuyeum disebut juga sebagai tape gantung.

BACA JUGA: Bendera Israel Terpasang di Sidang Parlemen Dunia di Bali, Indonesia Buka Hubungan Diplomatik?

Rasa peuyeum yang manisnya pas, membuat makanan ini bisa dimasukkan dalam daftar iftar atau makanan buka puasa. Selamat mencoba.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> 7 Menu Jagoan Nasi Padang yang Diharamkan

> Humor Gus Dur: Jenderal Orba Menang Lomba Tebak Umur Mumi, Caranya Dipukulin Sampai Ngaku Sendiri

> Sejarah Sumpit yang Diharamkan Dipakai Umat Islam untuk Makan

>Tak Perlu Pakai Pawang, Begini Cara Muhammadiyah Cegah Hujan

> Pawang Hujan Mandalika, Ustadz Khalid Basalamah: Pawang Hujan Itu Dukun, Haram Hukumnya dalam Islam

> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

> Humor Gus Dur: Bertemu PM Mesir Juru Catat Bingung, Apa yang Dicatat Gus Dur Hanya Cerita Lucu

> Humor Gus Dur: Dikritik Tangannya Dicium Ibu-Ibu Pengajian, Dijawab Gak Mungkin Saya Nikahi Semua

> Humor Gus Dur: Cak Nun Batal Temani Soeharto Tobat Gara-Gara Dikerjain Gus Dur

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image