Home > News

Hantu Kuyang Dimakan Pakai Bumbu Rendang di Podcast Deddy Corbuzier

Kuyang adalah hantu yang dikenal gentayangan di Kalimantan.
Kuyang Dimakan Pakai Bumbu Rendang. Youtuber Dede Inoen, memakan hantu kuyang dengan bumbu rendang saat menjadi tamu di podcast Deddy Corbuzier. Foto: Tangkapan Layar.
Kuyang Dimakan Pakai Bumbu Rendang. Youtuber Dede Inoen, memakan hantu kuyang dengan bumbu rendang saat menjadi tamu di podcast Deddy Corbuzier. Foto: Tangkapan Layar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Anda tahu soal legenda hantu Kuyang di Kalimantan? Ternyata di hadapan Youtuber Dede Inoen, hantu Kuyang tidak ada harga dirinya. Saat hadir di podcast Deddy Corbuzier, Dede memakan hantu kuyang dengan bumbu rendang Nasi Padang yang beberapa waktu lalu mau diboikot dan diharamkan netizen.

Kuyang dipercaya sebagian masyarakat sebagai makhluk halus yang berbentuk seperti perempuan. Dalam kepercayaan Kuyang tidak memiliki tubuh, tapi organ dalamnya berada di luar, dan bisa terbang.

BACA JUGA: Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan

Namun, Kuyang yang dibawa Dede bukan asli. Dede mengaku membuat "Kuyang" tersebut dari manekin dan rambut palsu (wig). Sementara organ dalam Kuyang tersebut semuanya adalah organ dalam sapi yang sudah dimasak mengunakan presto. Dede menata jeroan sapi seperti daging, babat dan ati lalu digantung di atas kepala manekin yang sudah diberi rambut palsu, sehingga terlihat seperti hantu Kuyang.

"Ini udah matang dan bisa dimakan. Rebus pake presto," ucap Dede di kanal YouTube Deddy Corbuzier pada Rabu (23/3/2022).

BACA JUGA: Rendang Nasi Padang Makanan Terenak Nomor Satu di Dunia, Yakin Mau Diharamkan?

Pria asal Cianjur itu mengatakan modal untuk membuat Kuyang cukup murah. "Ini Rp 30 ribu bonekanya, wig Rp 120 (ribu). Daging itu kemarin Rp 75 ribu, nah ini usus sama babat," kata dia.

Dede mengaku memburu Kuyang tersebut di pasar Induk. "Mudah pakai jampi-jampi, paling memburu ‘Kuyang’ (sambil) jalan-jalan ke pasar induk," katanya saat ditanya Deddy Corbuzier.

BACA JUGA: Restoran Nasi Padang Ada Sejak Zaman Belanda, Kok Baru Sekarang Diharamkan

Deddy pun sempat mencicipi organ dalam Kunyang dicocol bumbu rendang. "Kuyang banget rasanya ini ... Enak sih, enak. Cuma, waduh gimana ya ngomongnya," kata Deddy.

"Lu ketika nangkep ini kuyang gak diganggu kuyang-kuyang yang lain?" tanya Deddy.

"Enggak dong, aman. Justru kalo disamperin potong lagi, jadi konten lagi," kata Dede.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Jauh-Jauh ke Eropa Makannya Rendang Nasi Padang, Kapan Spagetinya?

Dede mengaku banyak penontonnya yang mencemooh dan mengatakan kontennya pembodohan publik. Padahal, Dede sudah menjelaskan jika konten tersebut hanya sebagai hiburan. Di akhir podcast, Deddy mengingatkan kembali jika konten memakan hantu hanyalah hiburan semata.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Jenderal Orba Menang Lomba Tebak Umur Mumi, Caranya Dipukulin Sampai Ngaku Sendiri

> Sejarah Sumpit yang Diharamkan Dipakai Umat Islam untuk Makan

>Tak Perlu Pakai Pawang, Begini Cara Muhammadiyah Cegah Hujan

> Pawang Hujan Mandalika, Ustadz Khalid Basalamah: Pawang Hujan Itu Dukun, Haram Hukumnya dalam Islam

> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

> Humor Gus Dur: Bertemu PM Mesir Juru Catat Bingung, Apa yang Dicatat Gus Dur Hanya Cerita Lucu

> Humor Gus Dur: Dikritik Tangannya Dicium Ibu-Ibu Pengajian, Dijawab Gak Mungkin Saya Nikahi Semua

> Humor Gus Dur: Cak Nun Batal Temani Soeharto Tobat Gara-Gara Dikerjain Gus Dur

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image