Home > Humor

Humor Gus Dur: Dur, Kenapa Bapakmu Gak Poligami? Dijawab karena Takut Mertua

Mertua Kiai Wahid, Kiai Bisri Syansuri yang terkenal galak tidak melakukan praktik poligami. Mosok menantu melewati mertua.
KH Abdurrahman Wahid. Gus Dur berpendapat mengapa ayahnya KH Abdul Wahid Hasyim tidak poligami karena takut kepada mertuanya. Foto: IST.
KH Abdurrahman Wahid. Gus Dur berpendapat mengapa ayahnya KH Abdul Wahid Hasyim tidak poligami karena takut kepada mertuanya. Foto: IST.

KURUSETRA --- Sepanjang hidupnya KH Abdul Wahid Hasyim hanya memiliki satu istri. Ayah dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu bahkan tidak pernah bisa jauh dari istrinya Nyai Hj. Sholichah Munawwaroh.

Hal itu pun menimbulkan pertanyaan, terutama dari senior Gus Dur, Mahbub Djunaidi. “Dur, kenapa bapakmu tidak poligami, padahal ganteng, pinter, penampilan modern, putranya Kiai Hasyim Asy’ari, terpandang?” tanya Mahbub.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Jika Perang di Laut, Kapal Indonesia Belum Ditembak Sudah Tenggelam karena Keberatan

Mahbub menggunakan panggilan "Dur" karena dia lebih tua sembilan tahun. Di lingkungan keluarga, Gus Dur bahkan dipanggil Durrahman Kiai-kiai sepuh seperti KH Sahal Mahfudh atau pamannya KH Abdul Fattah Hasyim. Sementara Gus Dur memanggil Mahbub dengan sebutan Kak.

Kiai Wahid kalau pergi dari Jombang, rumahnya, paling cepat dua pekan berpisah dengan istrinya. "Bapakmu keliling Jawa di zaman revolusi bisa dua bulan. Dan saat jadi menteri makin sibuk,” kata Mahbub, mantan ketua PMII itu.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

Mahbub yang poligami, meski akhirnya menceraikan istri keduanya itu sepertinya menyesalkan tindakan Kiai Wahid. “Kira-kira kenapa Kak? Saya masih kecil ditinggal abah. Jadi tidak tahu,” Gus Dur bertanya balik.

“Yaa, saya tanya kok ditanya balik,” Mahbub menyergah.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo: Logo Halal Baru Itu Kearab-araban Bukan Kejawa-jawaan

Gus Dur pun menjawab santai, “Mungkin takut mertuanya ”

Meski jawaban Gus Dur terlihat santai, nyatanya Kiai Bisri Syansuri mertua dari Kiai Wahid memang terkenal galak. Terlebih Kiai Bisri tidak poligami.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa
> Sujiwo Tejo: Indonesia Mayoritas Muslim Kenapa Harus Ada Logo Halal, Tapi Enggak Ada Logo Haram?
> Humor Gus Dur: Presiden Israel Tertawa Topi Yahudi Disebut BH yang Dibelah Dua
> Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan
> Humor Gus Dur: Ormas Gak Jadi Bubarkan Pengajian Gus Dur karena Takut Kualat
> Humor Gus Dur: OPM Kibarkan Bendera Bintang Kejora, Anggap Saja Umbul-Umbul Sepak Bola

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image