Home > Humor

Humor Gus Dur: Di Pesantren Santri Dilarang Merokok, Kalau Kiai Boleh

Saat listrik padam seorang santri memergoki pimpinan pesantren Kiai Fattah sedang merokok.
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Gus Dur pernah nyantri di Pesantren Tambak Beras yang melarang santrinya merokok. Tetapi saat listrik padam seorang santri memergoki pimpinan pesantren Kiai Fattah sedang merokok. Foto: IST.
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Gus Dur pernah nyantri di Pesantren Tambak Beras yang melarang santrinya merokok. Tetapi saat listrik padam seorang santri memergoki pimpinan pesantren Kiai Fattah sedang merokok. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Suatu kali Gus Dur pernah nyantri di Pesantren Tambak Beras asuhan Kiai Fattah. Di pesantren tersebut, santrinya dilarang keras merokok.

"Para santri dilarang keras merokok!" bunyi aturan yang berlaku di pesantren. Namun seperti dikutip dari buku Mati Tertawa Bareng Gus Dur, namanya santri kalau tidak bengal dan melanggar aturan rasanya kurang afdol.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Zaman Orba, WNI Periksa Gigi ke Singapura, Alasannya Takut Buka Mulut di Indonesia

Suatu malam listrik pesantren padam. Suasana pesantren pun jadi gelap gulita. Sejumlah santri keluar mencari udara segar.

Namun di sebuah rumah, seorang santri melihat seseorang sedang duduk santai sambil merokok. Santri itu pun terkejut melihat nyala api dan kepulan asap di kegelapan pesantren.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Makanan Paling Haram Itu Babi Mengandung Babi tanpa Tahu Bapaknya Jadi Sate Babi

"Ngudut, Kang?" sapa si santri sambil menghampiri "senior"-nya yang sedang asyik merokok itu. Langsung saja orang itu memberikan rokok yang sedang dihisapnya kepada "junior"-nya tersebut.

Namun saat dihisap bara rokok semakin membesar sehingga si santri mengenali wajah "senior"-nya tersebut. Saat itu juga si santri langsung lari sambil membawa rokok.

"Hai, rokokku jangan dibawa!" teriak Kiai Fattah yang ternyata seorang perokok.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Logo Halal Gunungan Wayang, Muncul Logo Halal Seperti Lambang Rumah Makan Nasi Padang
> 7 Menu Jagoan Nasi Padang yang Diharamkan
> Rendang Nasi Padang Makanan Terenak Nomor Satu di Dunia, Yakin Mau Diharamkan?
> Restoran Nasi Padang Ada Sejak Zaman Belanda, Kok Baru Sekarang Diharamkan
> Humor Gus Dur: Jauh-Jauh ke Eropa Makannya Rendang Nasi Padang, Kapan Spagetinya?

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image