Home > Humor

Humor Gus Dur: Zaman Orba, WNI Periksa Gigi ke Singapura, Alasannya Takut Buka Mulut di Indonesia

Di zaman Orde Baru, mengemukakan pendapat tak jarang mendapatkan pembungkaman.
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dalam satu cerita, Gus Dur terkejut di zaman Orba karena banyak WNI pergi ke Singapura hanya untuk memeriksakan giginya. Alasannya ternyata karena di Indonesia takut buka mulut. Foto: IST
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dalam satu cerita, Gus Dur terkejut di zaman Orba karena banyak WNI pergi ke Singapura hanya untuk memeriksakan giginya. Alasannya ternyata karena di Indonesia takut buka mulut. Foto: IST

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Di zaman Orde Baru, mengemukakan pendapat tak jarang mendapatkan pembungkaman, meski dijamin UUD. Sampai-sampai, ada kabar orang Indonesia lebih banyak ke memeriksakan giginya ke dokter gigi di Singapura karena takut untuk buka mulut di Indonesia.

Cerita dimulai ketika seorang pejabat tinggi berbincang dengan Gus Dur di sebuah seminar. Dalam buku Ger-Geran Bersama Gus Dur, pejabat itu bercerita saat ini banyak orang Indonesia pergi ke Negeri Singa itu hanya untuk memeriksakan giginya. Gus Dur pun terkejut mendengarkan kabar tersebut.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Makanan Paling Haram Itu Babi Mengandung Babi tanpa Tahu Bapaknya Jadi Sate Babi

“Pak, apa kita kekurangan dokter gigi atau mutu dokter gigi kita rendah, sehingga banyak orang kita ke Singapaura hanya untuk periksa gigi?” kata Gus Dur bertanya.

“Bukan itu masalahnya,” jawab si pejabat.

BACA JUGA: Boikot dan Haramkan Produk Minang, Jadi Teringat Bule Norwegia yang Ciptakan Lagu Nasi Padang

“Lalu apa?” kejar Gus Dur.

“Ah, masa sampeyan ndak tahu. Di negara kita kan sekarang orang tidak boleh mulut.”

“Ooooo,,ya..ya..ya. Mengerti saya,” kata Gus Dur manggut-manggut.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Logo Halal Gunungan Wayang, Muncul Logo Halal Seperti Lambang Rumah Makan Nasi Padang
> 7 Menu Jagoan Nasi Padang yang Diharamkan> Rendang Nasi Padang Makanan Terenak Nomor Satu di Dunia, Yakin Mau Diharamkan?
> Restoran Nasi Padang Ada Sejak Zaman Belanda, Kok Baru Sekarang Diharamkan
> Humor Gus Dur: Jauh-Jauh ke Eropa Makannya Rendang Nasi Padang, Kapan Spagetinya?

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image