Home > Humor

Humor Gus Dur: Kiai Bilang Semua Milik Allah, Santri Tanpa Izin Sembelih Kambing Kiai

Gus Dur mengatakan semua yang ada di bumi ini milik Allah, jadi kambing kiai juga milik Allah.
kH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Gus Dur mengatakan semua yang ada di bumi ini milik Allah, jadi kambing kiai juga milik Allah. Foto: IST.
kH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Gus Dur mengatakan semua yang ada di bumi ini milik Allah, jadi kambing kiai juga milik Allah. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ketika masing nyantri di Tegalrejo Magelang, Gus Dur menceritakan tentang kelakuan para sahabat-sahabatnya. Saat masih nyantri Gus Dur mengajak Gus Qomar Badruddin yang ikut nyantri pada 1957 hingga tahun 1959, untuk menyembelih kambing kiai. Gus Qomar, seorang santri yang pendiam pun hanya manut.

“Mas Qomar, tadi kiai kan mengatakan bahwa semua yang ada di barat dan timur adalah milik Allah. Walillahil masyriqu wal maghrib. Iya kan?” kata Gus Dur.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kuli di Jeddah Berantem Pakai Bahasa Arab, Dikira Jamaah Indonesia Sedang Berdoa

Namun tidak hanya berdua, Gus Dur mengajak teman-temannya yang lain. “Ayo cari teman lain untuk masak kambing.”

Setelah kambing kiai ditangkap, disembelih, Gus Dur dan teman-temannya pun memasaknya. Namun, perbuatan Gus Dur, Gus Qomar, dan santri-santri yang lain ketahuan lurah pondok. Mereka pun dilaporkan kepada kiai.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Anak Kiai Kok Ambil Jurusan Psikolog, Dijawab Soalnya Orang NU Banyak yang Gendeng

Di ndalem (rumah) kiai, mereka hanya bisa diam. “Ini kenapa kok kambingku disembelih piye to? Waduh Duh!” tanya kiai yang cukup kesal.

Gus Qomar dan santri-santi lain hanya bisa diam. Namun, Gus Dur yang pemilik ide menyembelih kambing kiai dengan nada rendah memberanikan diri menjawab.

BACA JUGA: Restoran Nasi Padang Ada Sejak Zaman Belanda, Kok Baru Sekarang Diharamkan

“Mekaten (Begini), Kiai. Bukankah kemarin panjenengan dawuh walillahil masyriqu wal maghrib. Segala yang ada di bumi ini dari timur ke barat ini milik Allah. Berarti kambing juga kan milik Allah. Kan mekaten, Kiai?”

Mendengar pernyataan Gus Dur, kiai hanya bisa diam. “Loh. Iya. Benar itu. Ya memang milik Allah semua. Kambing itu juga milik Allah, Le. Tapi mbok ya jangan kambing to yang disembelih. Kan ada ayam. Mbok ya yang disembelih ayam saja. Duh...” kata Kiai menanggapi ulah Gus Dur.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
>
Humor Gus Dur: Makanan Paling Haram Itu Babi Mengandung Babi tanpa Tahu Bapaknya Jadi Sate Babi
>
Setelah GP Ansor, Pagar Nusa NU Ikut Tolak Ustadz Syafiq karena Dituding Radikal dan Intoleran
>
7 Menu Jagoan Nasi Padang yang Diharamkan
>
Humor Gus Dur: Kenapa tak Ada Piano di Masjid, Sandal Aja Hilang Apalagi Piano

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image