Home > News

Jangan Takut Makan Nasi Padang karena Kolesterol, Apalagi karena Seruan Diharamkan

Lima tips aman agar saat makan Nasi Padang kolesterol tetap terkontrol.
Nasi Padang. Lima tips aman agar saat makan Nasi Padang kolesterol tetap terkontrol.
Nasi Padang. Lima tips aman agar saat makan Nasi Padang kolesterol tetap terkontrol.

KURUSETRA -- Di balik kenikmatan Nasi Padang ada bahaya yang mengintai. Nasi Padang yang kaya akan kuah santan dan berbagai menu olahan daging, membuat bahaya kolesterol disebut bisa meningkat jika tidak terkontrol.

Jika kita tidak hati-hati, kolesterol tinggi bisa memicu penyakit jantung dan stroke. Eit, tapi jangan lantas langsung buru-buru menghapus Nasi Padang dari menu favorit Anda ya, karena ada cara aman agar kolesterol terurus, makan Nasi Padang jalan terus.

BACA JUGA: Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan

Jadi jangan pula terpengaruh tentang ajakan memboikot produk Minang, dan mengharamkan membeli Nasi Padang. Cukup ikuti tips aman dari Dokter Ari Fahrial Syam MD, PhD, FACP dari Division of Grastroenterology, Departement of Internal Medicine, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Insya Allah Anda bisa tetap menikmati kelezatan Nasi Padang.

1. Makan Nasi Padang jangan lupa makan sayurnya juga. Sayuran seperti mentimun dan rebusan daun singkong adalah penyeimbang dalam mengonsumsi Nasi Padang.

2. Jangan terlampau serakah dan kalap memilih banyak menu. Usahakan cukup satu lauk saja dalam satu porsi. Sebab, umumnya lauk pada masakan padang dipanaskan berulang kali, sehingga meningkatkan kadar kolesterol.

BACA JUGA: Rendang Nasi Padang Makanan Terenak Nomor Satu di Dunia, Yakin Mau Diharamkan?

3. Perhatikan kadar garam dalam makanan Nasi Padang. Menurut dr Ari, lidah dapat mengukur asin atau tidaknya makanan, sehingga kurangi makanan asin ya.

4. Jangan lupa makan buah.

5. Minum air putih atau teh tawar hangat untuk menutup makan Anda. Kedua minuman itu bagus untuk menetralisir lemak dalam seporsi Nasi Padang.

JANGAN LEWATKAN TULISAN MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Jauh-Jauh ke Eropa Makannya Rendang Nasi Padang, Kapan Spagetinya?
> Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang yang Diboikot dan Diharamkan
> Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan
> Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang yang Diboikot dan Diharamkan
> Siapa Kakek yang Fotonya Sering Dipajang di Rumah Makan Nasi Padang yang Diharamkan

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image