Home > Wisata

7 Menu Jagoan Nasi Padang yang Diharamkan

Rendang menjadi menu terfavorit, sementara telor dadar pilihan yang ingin berhemat tapi tetap tak kehilangan rasa nikmat.
Rendang menjadi menu terfavorit, sementara telor dadar pilihan yang ingin berhemat tapi tetap tak kehilangan rasa nikmat.
Rendang menjadi menu terfavorit, sementara telor dadar pilihan yang ingin berhemat tapi tetap tak kehilangan rasa nikmat.

KURUSETRA -- Anda pasti pernah kebingungan ketika mengunjungi warung makan Nasi Padang. Ya meski beberapa waktu terakhir ada ajakan untuk memboikot produk Minang dan mengharamkan membeli Nasi Padang, rasanya tidak akan menggoyahkan keyakinan jika Nasi Padang makanan halal. Banyaknya menu yang bikin ngiler, menggoda nafsu makan walau harus menguras anggaran.

BACA JUGA: Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan

Dari sederet menu di warung Nasi Padang, setidaknya ada 7 lauk yang menjadi jagoan dan favorit banyak orang. Selain karena lidah sudah terhipnotis cita rasa yang kaya bumbu dan rempah, seporsi Nasi Padang juga menjadi pemadam kelaparan. Sayuran seperti daun singkong dan nangka ditambah sambal hijau atau sambal merah, mengaktifkan tombol nafsu makan di dalam otak.

1. Rendang

Rendang.
Rendang.

Lidah tak bisa berbohong. Rendang selalu menjadi menu andalan ketika Anda pergi ke warung makan Nasi Padang. Apalagi rendang pernah dikukuhkan sebagai makanan terenak sejagat raya.

Keabsahan rendang sebagai pemuncak klasemen menu favorit bukan tanpa sebab. Alasannya, jika Anda tidak memilih menu rendang dalam seporsi Nasi Padang, Anda tanpa meminta pasti akan diberi "bumbu rendang" sebagai toping oleh penjualnya.

BACA JUGA: Rendang Nasi Padang Makanan Terenak Nomor Satu di Dunia, Yakin Mau Diharamkan?

2. Ayam Pop

Ayam Pop
Ayam Pop

Yang menyukai kelembutan pasti lebih memilih ayam pop ketimbang ayam goreng, ayam bakar, atau ayam gulai yang terkadang "keras atau alot" di beberapa serat dagingnya.

Di balik warna putih pucatnya, ayam pop menyimpan rasa gurih yang tidak tanding. Warna putih pucat ayam pop karena digoreng hanya dalam waktu singkat. Rasa gurihnya didapatkan dari proses perebusan dengan menggabungkan air kelapa dan berbagai bumbu, seperti jahe, lengkuas, serai, dan daun jeruk.

BACA JUGA: Restoran Nasi Padang Ada Sejak Zaman Belanda, Kok Baru Sekarang Diharamkan

3. Gulai Kepala Ikan Kakap (Merah)

Gulai kepala ikan.
Gulai kepala ikan.

Sebagian orang mungkin tidak suka memakan kepala ikan, tapi jangan salahkan jika banyak pengunjung warung makan Nasi Padang akan kecele jika tidak mendapatkan menu yang disebut sayang untuk dilewatkan. Menu ini biasanya menggunakan ikan kakap.

Dibajur kuah yang kental, gurih, dan nikmat, kenikmatan gulai kakap ikan akan paripurna jika ikan yang digunakan adalah ikan kakap merah. Minusnya menu ini adalah, dagingnya yang sedikit sehingga rasanya kurang jika hanya satu kepala ikan.

BACA JUGA: Siapa Kakek yang Fotonya Sering Dipajang di Rumah Makan Nasi Padang yang Diharamkan

4. Kalio

Kalio
Kalio

Serupa tapi tak sama. Kalio yang disebut "saudara kembar" rendang ini sebenarnya adalah rendang setengah jadi. Kalio umumnya masih berwarna kecokelatan dibandingkan rendang yang berwarna cokelat kehitaman.

Jika rendang memiliki tekstur kering, kalio kebalikannya. Tekstur kalio cenderung lengket dan basah serta dagingnya lebih alot karena proses memasaknya yang kurang lama. Yang paling mencolok adalah aroma karamel yang kuat.

BACA JUGA: Agnez Mo Bangga Perkenalkan Nasi Padang yang Diharamkan di Grammy Award

5. Dendeng Batokok

Dendeng batokok.
Dendeng batokok.

Tipis, kriuk, dan membuat mulut tak mau berhenti mengunyah. Itulah dendeng batokok.

Batokok artinya memukul, karena menu yang berisi daging sapi ini dibuat dengan cara direbus dengan sejumlah bumbu, akan dipukul-pukul hingga menjadi pipih.

BACA JUGA: Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang yang Diboikot dan Diharamkan

6. Tunjang/ Kikil

Tunjang.
Tunjang.

Bagi yang tidak menyukai lauk kenyal disarankan tidak memesan tunjang atau kikil. Namun, meski begitu tunjang atau kikil memiliki banyak peminat yang tak kalah dari rendang.

Tunjang bisa dibilang menu paling banyak dicari. Diambil dari kaki sapi yang diolah menjadi aneka sajian, terdiri dari kulit, tulang rawan, dan otot sapi, menjadikan menu tunjang tak bisa mudah lidah lupakan.

BACA JUGA: Viral Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita Berhijab Ikut Pemberkatan di Gereja

7. Telur Dadar

Telor dadar.
Telor dadar.

Menu akhir bulan. Telur dadar menjadi lauk pilihan yang ingin berhemat tapi tetap tak kehilangan rasa nikmat.

BACA JUGA:Jenderal Soedirman Marah Soekarno tak Mau Ikut Berperang pada 1 Maret 1949

Menu ini bisa dibilang paling murah tapi tidak murahan. Adonan telur yang digabungkan dengan daun bawang dan terkadang daging cincang, adalah penyelamat kantong ketika tanggal tua, tapi tetap ingin menikmatai Nasi Padang.

JANGAN LEWATKAN TULISAN MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Jauh-Jauh ke Eropa Makannya Rendang Nasi Padang, Kapan Spagetinya?
> Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang yang Diboikot dan Diharamkan
> Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image