Home > News

Sama-Sama Ditolak GP Ansor dan Bermarga Basalamah, Apakah Ustadz Khalid dan Ustadz Syafiq Kakak Adik

Tabligh akbar Ustadz Syafiq Basalamah ditolak GP Ansor Kabupaten Grobogan.
Ustadz Syafiq Riza Basalamah (kiri) dan Ustadz Khalid Basalamah (kanan). Sama-sama pernah ditolak GP Ansor dan bermarga Basalamah, apakah Ustadz Syafiq dan Ustadz Khalid adalah kakak dan adik? Foto: Kurusetra.
Ustadz Syafiq Riza Basalamah (kiri) dan Ustadz Khalid Basalamah (kanan). Sama-sama pernah ditolak GP Ansor dan bermarga Basalamah, apakah Ustadz Syafiq dan Ustadz Khalid adalah kakak dan adik? Foto: Kurusetra.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Tampaknya nasib Ustadz Khalid Basalamah dan Ustadz Syafiq Riza Basalamah tidak jauh berbeda, karena keduanya sama-sama pernah ditolak pengajiannya oleh GP Ansor. Teranyar, pengajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah ditolak GP Ansor Kabupaten Grobogan. Sama-sama bermarga Basalamah, apakah Ustadz Khalid dan Ustadz Syafiq kakak beradik?

Ustadz Syafiq dalam satu pengajian pernah ditanya soal marga Basalamah. Sama-sama memiliki marga Basalamah di akhir namanya, jamaah mengira Ustadz Syafiq dan Ustadz Khalid adalah kakak beradik.

BACA JUGA: Profil Ustadz Syafiq Basalamah, Ulama yang Pengajiannya Ditolak GP Ansor

"Kalau ditanya apakah saya adiknya Ustadz Khalid Basalamah, naam, saya adiknya Doktor Khalid Basalamah, walaupun tidak dilahirkan dari satu rahim. Karena setiap Muslim itu bersaudara," kata Ustadz Syafiq di kanal Youtube Kajian Ar-Rahman.

Ustadz Syafiq menjelaskan, Basalamah adalah nama marga yang berasal dari Hadramaut, Yaman. Orang Arab dari Yaman, kata Ustadz Syafiq menjelaskan, datang ke Indonesia dan menyebar di berbagai wilayah.

BACA JUGA: 'Wayang Ustadz Khalid' Muncul di Pertunjukan Wayang yang Digelar Gus Miftah

"Jadi memang marga Basalamah ini termasuk marga yang datang dari Yaman, dari Hadramaut sana," ujar Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Kakek Ustadz Khalid Basalamah, kata Ustadz Syafiq datangnya di Makassar. "Mereka (marga Basalamah) banyak ke Indonesia ya salah satunya Doktor Khalid Basalamah termasuk yang turunnya di Makassar sana," ujar Ustadz Syafiq.

BACA JUGA: Setelah Tolak Pengajian UAS, GP Ansor Kini Tolak Tabligh Akbar Ustadz Syafiq Basalamah

Sedangkan Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang kakeknya dahulu datang ke Indonesia berawal di Padang. "Adapun kakek saya waktu pertama datang ke Indonesia ini turunnya di Padang dulu kemudian ke Jakarta," kata Ustadz Syafiq.

Ustadz Khalid mengaku juga sering mendapatkan pertanyaan serupa. "Sering (ditanya) mungkin dikira karena sama-sama Basalamah, Ustadz Khalid kakak dan Ustadz Syafiq adik. Bagaimana orang tuanya mendidik sampai dua-duanya menjadi doktor. Jadi bukan begitu ya, jadi gak ada hubungannya," kata Ustadz Khalid.

BACA JUGA: Gus Baha: Sampai Mati Pun tak Ada Dalil Membolehkan Nikah Beda Agama

"Beliau (Ustadz Syafiq) saudara saya dalam Islam, sama-sama marganya Basalamah," kata Ustadz Khalid.

"Saya pernah berkomunikasi lewat telepon, dan beliau juga belum tahu karena beliau lahir di Jawa Tengah, saya di Makassar. Sama saja seperti orang yang lahir dari suku Bugis misalnya, belum tentu sama-sama satu keluarga. Tapi wallahu a'lam kita kembali sama-sama dari Adam AS."

JANGAN LEWATKAN TULISAN MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Jauh-Jauh ke Eropa Makannya Rendang Nasi Padang, Kapan Spagetinya?
> Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang yang Diboikot dan Diharamkan
> Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan
> Densus 88 Tembak Mati dr Sunardi karena Melawan, Netizen: Beliau Stroke, Jalan Aja Dibantu Tongkat
> Rendang Nasi Padang Makanan Terenak Nomor Satu di Dunia, Yakin Mau Diharamkan?

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image