Home > Budaya

Sujiwo Tejo Dikatain Kadrun karena tak Marah Saat Wayang Diharamkan

Sujiwo Tejo mengaku tak masalah ada orang yang mengharamkan wayang.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Budayawan Sujiwo Tejo mengungkapkan bagaimana polemik wayang membuatnya mendapatkan kritik. Bahkan, Sujiwo berkata dia disebut kadrun karena tidak marah saat wayang diharamkan.

Dalam kanal YouTube Karni Ilyas Club, Sujiwo Tejo mengaku harusnya dia tersinggung pada ceramah tersebut agar tidak disebut kadrun. "Karena aku nggak tersinggung, sekarang aku dibilang kadrun. Gimana gitu loh logikanya," kata Sujiwo Tejo.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo: Wayang Diharamkan ya Monggo, Toh Sudah Sejak Zaman Sunan Giri

Sujiwo Tejo berpendapat, sebagai praktisi dalang wayang, ia tidak bisa menjelaskan mengapa budaya wayang dan Islam berlawanan di Indonesia. Namun, Sujiwo mengungkapkan sejak Wali Songo, pelakon wayang tetap ada dan perannya berbeda.

"Misalkan dewa-dewa, diperankan sudah jadi malaikat walaupun namanya tetap dewa bayu, tapi lebih sebagai malaikat. Jadi bertentangannya di mana. Saya nggak ngerti juga," kata Sujiwo Tejo merujuk pernyataan arkeolog Indonesia, Edi Sedyawati.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo: Yang Belain Wayang Mungkin Hanya Ingin Gaduh

Sujiwo Tejo sebelumnya mengaku tidak masalah jika ada yang mengharamkan wayang, karena wayang juga sudah diharamkan sejak zaman Sunan Giri. "Iya kalau aku disebut halal-haram terserah, babi juga disebut haram masih banyak orang yang makan. Artinya kan kalau dia yakin lebih enggak haram persilakan, kalo dia yakin haram ya jangan, kayak gitu," kata Sujiwo Tejo dalam sebuah acara diskusi di TV One.

Dia juga mengaku tidak masalah wayang diharamkan. Menurut dia, yang merasa wayang tidak haram silakan terus menonton. "Begitu juga kalau wayang dibilang haram, ya biar. Enggak masalah aku sebagai dalang. Tapi kalau yang masih mau nonton wayang karena yakin gak haram ya monggo," kata dia.

BACA JUGA:
Humor Gus Dur: Tak Sengaja Bercanda di Depan Uskup, Kenapa Belum Kawin, Padahal Kawin Itu Enak
Humor Gus Dur: 3 Presiden Indonesia Gila, Kalau Saya yang Milih yang Gila
Humor Gus Dur: Harmoko Lempar Jumrah Batunya Balik Lagi, Dibisiki Sesama Setan Jangan Saling Lempar

Humor Gus Dur: Cak Nun Batal Temani Soeharto Tobat Gara-Gara Dikerjain Gus Dur

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image