Home > Sejarah

Presiden Di-Prank: SBY Ditipu Joko yang Mengaku Bisa Produksi Bahan Bakar dari Air

SBY pernah mengundang Joko Suprapto ke Puri Cikeas untuk menjelaskan penemuannya.
Presiden keenam RI, SBY. Presiden SBY pernah kena prank setelah percaya kepada Joko Suprapto yang mengaku bisa membuat bahan bakar dari air.
Presiden keenam RI, SBY. Presiden SBY pernah kena prank setelah percaya kepada Joko Suprapto yang mengaku bisa membuat bahan bakar dari air.

KURUSETRA -- Sejumlah presiden Indonesia ternyata pernah dikibulin. Penipu masuk Istana tidak hanya dialami Soekarno saja, tetapi presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah ditipu soal Blue Energy.

Cerita bermula saat seorang pria asal Nganjuk, Joko Suprapto, mengaku bisa memproduksi bahan bakar dari air pada November 2007. Dari biang minyak itu bisa dihasilkan bahan bakar sekelas minyak tanah hingga avtur.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Gempa Yogya Terjadi karena Nyai Roro Kidul Marah Dipaksa Pakai Jilbab

Presiden SBY yakin itu merupakan sumbangan Indonesia bagi dunia, di tengah makin meroketnya harga minyak. Sementara, negara dibikin pusing tujuh keliling oleh dampak dari kenaikan itu. Karuan saja, sejumlah pihak, termasuk para ilmuwan, menyesalkan informasi yang belum valid bisa diterima oleh SBY.

Presiden SBY bahkan sempat mengundang Joko ke rumah pribadinya di Puri Cikeas. Di sana, Joko diminta menjelaskan tentang Blue Energy.

BACA JUGA: Gus Dur Kiai NU yang Tergila-gila Wayang, Muhadjir Effendy Santri Muhammadiyah Keturunan Dalang

Tak hanya itu, sebuah tim dibentuk yang dipimpin Heru Lelono, selaku staf Khusus Presiden SBY, dibentuk untuk menindaklanjuti temuan tersebut. Tim membangun infrastruktur produksi yang dibangun di Cikeas, Bogor dengan kapasitas produksi 10 liter perdetik.

Percayanya SBY kepada Joko saat itu disayangkan banyak pihak, terutama pada ilmuwan. Mereka menyayangkan SBY yang dinilai mengabaikan lembaga keilmuan seperti LIPI, BPPT dan Perguruan Tinggi untuk membuktikan kebenaran Blue Energy.

BACA JUGA: Presiden Putin Ulang Tahun, Presiden SBY Nyanyikan Lagu Happy Birthday

Apalagi setelah mengklaim bisa membuat minyak mentah dari air dan menghebohkan Indonesia, Joko menghilang. Momentum menghilangnya Joko bersamaan dengan naiknya harga BBM. Hingga akhirnya Joko meminta maaf kepada SBY.

Belakangan, Joko divonis penjara atas penipuan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta setelah membujuk rektor menggunakan pembangkit listrik Jhodipati yang diklaimnya lebih murah dari biaya langganan PLN. Dalam kasus tersebut UMY menderita kerugian lebih dari Rp 1 miliar.

BACA JUGA:
Sujiwo Tejo: Yang Belain Wayang Mungkin Hanya Ingin Gaduh

Humor Gus Dur: Bikin Heboh Indonesia Mengaku Keturunan China Bermarga Tan di Singapura
Sujiwo Tejo: Wayang Diharamkan ya Monggo, Toh Sudah Sejak Zaman Sunan Giri

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image