Home > News

Cak Nun: Buzzer-Buzzer akan Kualat dan Kena Karma

Cak Nun mengatakan yng lebih mengerikan bukan internetnya, bukan medsosnya, melainkan para penggunanya, users-nya, buzzers-nya, trollers-nya.
Cak Nun mengatakan yang lebih mengerikan bukan internetnya, bukan medsosnya, melainkan para penggunanya, users-nya, buzzers-nya, trollers-nya. Foto: Republika.
Cak Nun mengatakan yang lebih mengerikan bukan internetnya, bukan medsosnya, melainkan para penggunanya, users-nya, buzzers-nya, trollers-nya. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Masalah-masalah berat, kompleks, berkepanjangan dan tak ada jalan untuk menyelesaikan, bisa membuat suatu masyarakat mengalami situasi uring-uringan yang tak menentu, bergerak menuju apatisme atau semacam rasa putus asa kolektif. Dan itu bisa membuat mereka mudah salah paham, gampang salah paham, sering bergesekan paham, bahkan mudah bertentangan dan bertengkar.

Apalagi yang dialaminya adalah frekuensi tinggi kemudaratan yang mustahil diatasi mereka sendiri, meski pun dengan metode dan sistem secanggih apa pun seperti misalnya Negara dengan undang-undangnya. Bahkan mungkin ada yang terjatuh pada asumsi bahwa justru negara dan berbagai regulasi tata hidup manusia modern justru merupakan bagian signifikan dari kemudaratan itu.

BACA JUGA: Cak Nun: Wayang Itu Syirik Kalau Jadi Penyebab Menduakan Tuhan

Apalagi kadar kemerdekaan komunikasi dan keliaran interaksi yang dibuka pintunya lebar-lebar oleh semakin canggih dan efektifnya teknologi komunikasi dan informasi, yang karena itu justru sangat mudah melahirkan dan menyebarkan disinformasi. Misalnya dunia internet dengan aplikasi-aplikasi yang sangat memudahkan silaturahim, bisa jadi juga sangat mengandung ranjau-ranjau yang sangat mencelakakan manusia.

Kompleksitas dan kecanggihan kemudaratan yang diciptakan oleh manusia sendiri semacam sekarang ini rasanya hanya bisa diatasi oleh Tuhan. Padahal manusia-manusia yang menanggung beban-beban berat permasalahan itu justru menjadi bertambah masalahnya karena Tuhan tidak benar-benar mereka percayai keberadaan dan kemahacanggihan peranan-Nya.

BACA JUGA: Humor Cak Lontong: Indonesia dan NU Lahir Sama-Sama Ba'da Isya

Maka saya sendiri menemukan bahwa jangankan membela dan memperbaiki kehidupan Indonesia dengan seluruh bangsanya. Melindungi diri sendiri saja, jika sudah dicemplungkan ke dalam neraka medsos dan komunikasi keliaran ultra-liberal lainnya, yang bisa dicapai hanya parsial dan sangat relatif.

Siapa pun saja di sekitar saya, juga Jamaah Maiyah, sangat sulit menemukan bentuk dan strategi untuk menemani atau menjamin “keselamatan”, misalnya saya sendiri, dari perusakan ekspresi, pembiasan ekspresi, hingga penghancuran karakter. Apalagi di medan perang dunia internet. Meskipun sudah ada regulasi yang dipagarkan, tetapi sama sekali tidak mampu menjangkau keluasan dan kompleksitas persoalan yang bisa ditimbulkannya di antara manusia.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Dimaki Bodoh, Tukang Becak Bilang Kalau Bisa Baca Sudah Jadi Polisi

Sebenarnya yang lebih mengerikan bukan internetnya, bukan medsosnya, melainkan para penggunanya. Users-nya, buzzers-nya, trollers-nya. Mereka adalah pendekar-pendekar gagah perkasa di dunia abad digital.

Mereka adalah manusia-manusia yang sangat pemberani. Berarti mereka adalah patriot-patriot milenial yang sakti mandraguna. Mereka berani curang. Berani berbohong. Berani memfitnah, memanipulasi, mengeksploitasi. Berani merusak. Berani menyebarkan kedhaliman dan kemudlaratan. Berani meremehkan dan menganggap enteng pernyataan Maha Pencipta Kehidupan:

فَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرٗا يَرَهُۥ

وَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٖ شَرّٗا يَرَهُۥ

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya pula.”

وَمَكَرُواْ وَمَكَرَ ٱللَّهُۖ وَٱللَّهُ خَيۡرُ ٱلۡمَٰكِرِينَ

“Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya”.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kalau Punya Duit Saya Mending Dagang Rambutan daripada Bikin Bank Islam

Mereka adalah “millenial heroes”. Orang-orang gagah perkasa itu berani melakukan sangat banyak hal yang merusak kehidupan, yang kita sedikit pun tidak berani melakukannya meskipun hanya satu dua hal yang tampak kecil dan remeh.

Kita juga tidak berani memastikan, dan sejauh-jauhnya hanya meyakini, bahwa mereka akan “kualat”, kena “karma” atau tertimpa “bumerang” perbuatan mereka sendiri. Kita sama sekali tidak berani memastikan itu.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo: Yang Belain Wayang Mungkin Hanya Ingin Gaduh

Namun mereka sangat gagah berani memastikan bahwa mereka tidak “kualat”, pasti tidak terkena “karma” dan mustahil tertimpa “bumerang”. Bahkan mereka berani menjamin keselamatan dan keamanan keluarga mereka, istri, dan anak-cucu mereka. Sehingga mereka dengan sangat heroik dan konsisten terus melakukan itu semua.

Apalagi mereka justru mendulang rezeki duniawi dari kedhaliman itu. Juga, dari spektrum lain, terutama karena sejak dari mindset-nya, semua regulasi institusi modernisme, dari Negara hingga internet, itu tidak merupakan kontinuasi, transformasi, pelaksanaan atau manifestasi dari syariat alam dan manusia yang sudah dikonsep oleh Penciptanya. Tidak ada aturan Negara, Perusahaan atau lembaga apapun di dunia modern ini yang diacukan pada Kitab Suci, baik Alquran, Injil, Zabur, Taurat, apalagi shuhuf Ibrahim.

فَٱحۡكُم بَيۡنَهُم بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُۖ وَلَا تَتَّبِعۡ

أَهۡوَآءَهُمۡ عَمَّا جَآءَكَ مِنَ ٱلۡحَقِّۚ لِكُلّٖ جَعَلۡنَا مِنكُمۡ شِرۡعَةٗ وَمِنۡهَاجٗاۚ

وَلَوۡ شَآءَ ٱللَّهُ لَجَعَلَكُمۡ أُمَّةٗ وَٰحِدَةٗ وَلَٰكِن لِّيَبۡلُوَكُمۡ فِي مَآ ءَاتَىٰكُمۡۖ فَٱسۡتَبِقُواْ ٱلۡخَيۡرَٰتِۚ

إِلَى ٱللَّهِ مَرۡجِعُكُمۡ جَمِيعٗا فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ فِيهِ تَخۡتَلِفُونَ

“Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.”

Ayat itu mustahil dijadikan acuan pada Sidang Menteri, Pertemuan Internasional Kepala Negara-Negara, PBB, WHO, Bank Dunia, IMF, Apple, Microsoft, Facebook atau apapun saja. Maka saya pun tidak berdaya dan tidak menuntut dunia. Kita semua hanya bisa mewiridkan:

اَللهُ الْكَافِى رَبُنَا الْكَاف قَصَدْنَا الْكَافِى

وَجَدْنَا الْكَافِى لِكُلِ كَافٍ كَفَانَا الْكَافِى

وَنِعْمَ الْكَافِى اَلحَمْدُ لِلهِ

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَصِيْرُ

Tulisan ini bisa dilihat secara lengkap di sini.

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image