Home > Humor

Humor Gus Dur: Bikin Heboh Indonesia Mengaku Keturunan China Bermarga Tan di Singapura

Pengakuan Gus Dur memiliki nenek moyang dari China menghebohkan Indonesia.
Gus Dur mengaku memiliki nenek moyang dari China bermarga Tan. Foto: Republika.
Gus Dur mengaku memiliki nenek moyang dari China bermarga Tan. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Beberapa tahun lalu sempat heboh KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengaku keturunan China. Pengakuan itu disampaikan Gus dur saat berkunjung ke luar negeri.

Dalam buku 'Tertawa Bersama Gus Presiden Dur' karya Hermawan Sulistyo, Presiden Gus Dur mengunjungi Singapura. Sebagai presiden yang dikenal dengan pluralis, ballroom Hotel Shangri-la Singapore penuh sesak oleh tamu undanganl, mulai pejabat dari pengusaha dan wakil-wakil negara-negara lain.

"Ni Hou," kata Gus Dur membuka percakapan. Sapaan Gus Dur pun disambut dengan tepuk tangan.

BACA JUGA: Gus Baha: Sunan Giri Sebut Wayang Haram, Sunan Kudus Bilang Digepengkan Biar Halal

Gus Dur lalu berpidato dalam bahasa Inggris. Ia mengaku tidak bisa berbahasa China, tetapi memiliki hubungan dengan negeri Tiongkok tersebut.

Putrinya, Yenny Wahid, adalah sinolog (ahli China) lulusan Universitas Indonesia (UI). Bahkan, salah seorang nenek moyangnya adalah migran China bermarga Tan yang datang ke Indonesia sekira 500 tahun lalu. Marga Tan adalah satu orang China pailng kaya dengan jaringan luas di seluruh dunia.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo: Babi Saja Buatan Tuhan Diharamkan, Apalagi Wayang Buatan Manusia

Pengakuan itu membuat semua pengunjung ballroom bertepuk tangan untuk Gus Dur. Pernyataan itu membuat heboh, bahkan keluarganya. Pasalnya tidak ada catatan silsilah salah seorang nenek moyang mereka berasal dari China.

"Biarin saja, yang penting para pengusaha itu senang. Kalau penasaran, cari saja moyang saya 500 tahun yang lalu, kalau ketemu. Ha-ha-ha," kata dia.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Saya Dibuntuti Polisi Kirain Mau Ditangkap Ternyata Mau Cium Tangan

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image