Home > Humor

Humor Gus Dur: Pesawat Santri Terbang ke Matahari Biar Gak Panas Berangkatnya Habis Maghrib

Gus Dur bercerita tentang santri yang ingin terbang ke matahari tapi takut panas.
Gus Dur bercerita tentang santri yang ingin terbang ke matahari tapi takut panas. Foto: IST
Gus Dur bercerita tentang santri yang ingin terbang ke matahari tapi takut panas. Foto: IST

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) periode 1999-2001, AS Hikam pernah terpingkal-pingkal ketika mendengar cerita humor KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tentang santri dan matahari. Ceritanya ada seorang menristek mengaku bangga Indonesia sudah bisa membuat pesawat sendiri kepada para santri di sebuah pondok pesantren di Bangkalan Madura, Jawa Timur. Menristek menyebut bukan tidak mungkin pesawat bisa mendarat di bulan.

"Apakah saudara-saudara tidak bangga dengan prestasi anak bangsa sendiri," tanya Menristek kepada para santri dan warga seperti dikutip dari buku Kisah-kisah Jenaka dan Pesan-pesan Keberagaman karya Marwini.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Poligami karena tak Boleh ke Diskotek

Pertanyaan itu tidak dijawab. Hingga sang menteri beberapa kali mengulanginya.

Hingga ada seorang santri yang mengangkat tangan sembari berkata, "Kalau saya sama sekali ndak bangga Pak."

"Sebab kan sudah ada yang bisa bikin pesawat ke bulan. Saya bangga kalau Bapak bisa buat pesawat yang ke matahari," kata santri itu yang membuat menristek terkejut.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kalau Punya Duit Saya Mending Dagang Rambutan daripada Bikin Bank Islam

Gus Dur berkata, menteri tersebut lalu menjelaskan jika matahari panasnya berjuta-juta derajat. Tak ada logam yang kuat digunakan pesawat untuk mendarat.

Sang menteri berkata, jangankan mendarat, mendekat sekian juta kilometer pun besi itu akan meleleh. Namun penjelasan Sang menteri ditanggapi santri tersebut dengan konyol.

"Kalau cuma itu masalahnya gampang Pak. Kalau takut pesawatnya meleleh karena panas, kan bisa berangkatnya habis Magrib tak iye. Kan sudah dak lagi," jawab santri tersebut seperti diceritakan Gus Dur kepada AS Hikam.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo: Babi Saja Buatan Tuhan Diharamkan, Apalagi Wayang Buatan Manusia

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image