Home > Humor

Humor Gus Dur: Dorce Mau Diangkat Jadi Menteri Pegadaian

Gus Dur berkata jika akan mengangkat Dorce menjadi seorang menteri.
Dorce bercerita jika Gus Dur mau mengangkatnya menjadi seorang menteri. Foto: Tangkapan layar.
Dorce bercerita jika Gus Dur mau mengangkatnya menjadi seorang menteri. Foto: Tangkapan layar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Mendiang Dorce Gamalama memiliki pengalaman menyenangkan bersama KH Abdurrahman Wahid. Dalam buku "Gus! Sketsa Seorang Guru Bangsa (2017: 71)", Dorce pernah akan dijadikan seorang menteri oleh Gus Dur.

Dorce bercerita suatu ketika di malam pengumpulan dana untuk Yayasan Puan Amal Hayati milik Ibu Sinta Nuriyah, ia turut hadir mengibur hadirin. Suasana ketika itu ramai karena ada pertunjukan musik dan band.

BACA JUGA: Tegur Gus Miftah, Derry Sulaiman: Ustadz Khalid Dijadikan Wayang Itu Sudah Kurang Ajar

Kegiatan tersebut kala itu bersamaan dengan momen pemilihan capres-cawapres. Sementara Gus Dur saat itu terganjal oleh syarat kesehatan fisik.

Ketika Dorce naik di atas panggung, ia bertanya kepada Gus Dur, “Gus, bagaimana kalau sampeyan jadi presiden, saya jadi menteri apa?”

Gus Dur menjawab, “Kamu tak angkat jadi menteri pegadaian.”

Semua orang tertawa mendengar jawaban Gus Dur yang spontan itu. Namun Dorce tidak menjelaskan mengapa Gus Dur spontan menyebut menteri pegadaian saat itu.

BACA JUGA: Fatwa Gus Dur untuk Dorce yang Bertanya Soal Status Kelaminnya

Saat peresmian Masjid Al-Hayyu 63 di Jalan Rawa Binong, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur yang dibangunnya, Dorce sempat mengundang Gus Dur dan Ibu Sinta Nuriyah. Gus Dur diminta untuk meresmikan Masjid Al-Hayyu 63 saat itu.

Dalam peresmian tersebut, Dorce mengungkapkan bahwa kala itu Gus Dur berpidato dengan mengatakan, “Dorce itu cuma satu, jadi tolong dijaga.”

Mendengar perkataan Gus Dur itu, Dorce merasa senang dan terharu. Dorce merasa bukan siapa-siapa sehingga ia juga merasa terharu terhadap sosok Gus Dur, Presiden ke-4 RI dalam kondisi fisik kurang sempurna, tetapi berkenan datang di acaranya.

“Dia (Gus Dur) memang orang yang merangkul siapa saja,” kata Dorce.

BACA JUGA: Perjalanan Hidup Dorce Gamalama yang Pernah Dijuluki Oprah Winfrey Indonesia

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image