Home > Wisata

Begini Cara Bikin Tahu-Tempe, Makanan yang Pengrajinnya akan Mogok Produksi Besok Senin

Pengrajin tahu tempe akan mogok produksi selama tiga hari mulai Senin sampai Rabu (21-23/2/2022).
Pengrajin tahu dan tempe berencana melakukan aksi mogok produksi selama tiga hari, sejak besok Senin (21/2/2022) sampai Rabu (23/2/2022). Foto: Republika.
Pengrajin tahu dan tempe berencana melakukan aksi mogok produksi selama tiga hari, sejak besok Senin (21/2/2022) sampai Rabu (23/2/2022). Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Tingginya harga keledai impor membuat pengrajin tempe kembang kempis. Imbasnya, ratusan pengrajin tahu tempe di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan melakukan aksi mogok produksi secara serentak mulai besok Senin (21/2/2022) sampai Rabu (21/2/2022).

"Semua produsen di Jabodetabek udah tutup. Kalau tidak ditutup akan di'sweeping' oleh teman-teman kita juga. Karena tutup ini serentak dilakukan," kata Ketua Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Kopti) Jakarta Pusat, Khairun dinukil dari Antara. di Jakarta, Ahad (20/2/2022).

BACA JUGA: Resep Karedok Sunda Selezat Buatan Mertua

Aksi mogok ini terpaksa dilakukan agar pemerintah yakni Kementerian Perdagangan mengintervensi atas tingginya harga kedelai impor. Saat ini harga kedelai impor mencapai Rp 12.000 per kg di tingkat perajin. Padahal harga kedelai impor normalnya Rp Rp 9.500 sampai Rp 10.00 per kg.

"Kalau dijual dengan harga biasa, kami tidak dapat untung bahkan rugi. Kami ingin agar Pemerintah mendengar, konsumen juga mengetahui bahwa tahu tempe mahal karena bahan bakunya sudah naik," kata dia.

BACA JUGA: Lontong Cap Go Meh Hasil Perkawinan Budaya China dan Jawa

Tahu dan tempe memang dibuat dari bahan yang sama, yakni kedelai. Namun, cara pembuatan kedua panganan favorit rakyat Indonesia ini berbeda.

Proses Pembuatan Tahu
A. Peralatan:
timbangan, alat menjemur, bak perendam, pengiling kedelai, bak penampung, alat perebus, bak penggumpalan protein, bak penyimpanan cairan bekas, kain saring, cetakan tahu, alat pres (mengeluarkan air dari bubur tahu), alat pemanas (kompor), alat penghalus (blender), dan wajan untuk mengaduk, serta mesin pengupas kedelai.

B. Cara membuat tahu: memilih kedelai yang bagus; mencuci dan merendam kedelai sekitar 6 jam; mengupas dan memecah kedelai dengan mesin pengupas; menggiling kedelai hingga halus dan berair; mengalirkan air susu kedelai ke dalam bak penampungan; merebus susu kedelai hingga mendidih dan menjadi bubur; bubur dipindahkan ke bak penggumpalan protein; melakukan penyaringan terhadap bubur kedelai dengan menggunakan kain kasar untuk mendapatkan sari-sari kedelai; limbah hasil penyaringan dialirkan ke bak penampungan; air sari kedelai digumpalkan dengan menggunakan asam cuka; setelah menggumpal tahu dipres-dicetak; dan tahu siap dipasarkan.

Proses Pembuatan Tempe
A. Peralatan:
wadah (baskom), saringan, dandang, kipas angin, sendok kayu, tampah, kompor, dan beberapa alat tambahan lainnya.

B. Cara membuat tempe: memilih kedelai yang bagus; mencuci lalu merendam kedelai dengan air biasa sekitar 12 – 18 jam; mengupas kulit kedelai yang sudah lunak; merebus biji kedelai hingga empuk; mendinginkan biji kedelai yang telah direbus dengan kipas angin; mencampur dengan ragi tempe Rhizopus sp (1-2 gr ragi untuk 2 kg kedelai); memasukkan adonan kedelai ke dalam plastik cetakan (diberi lubang kecil untuk sirkulasi jamur); menyimpannya selama 1-2 hari hingga jamur telah tumbuh di semua bijih kedelai; tempe siap dipasarkan.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita sejarah, humor, hingga sejarah dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image