Home > Wisata

6 Tempat Wisata Terindah di Lombok, Dekat dengan Sirkuit Mandalika

Anda bisa mendaki gunung, lewati lembah, hingga berjemur di pantai.
Foto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Ahad (15/8/2021).
Foto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Ahad (15/8/2021).

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sirkuit Mandalika membuka mata dunia tentang keindahan lain yang dimiliki Indonesia. Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Pulau Lombok pun menjadi sorotan dunia setelah para rider dari MotoGP ramai-ramai memamerkan keindahan Pulau Lombok sebelum mereka menggeber kuda besi.

Selain Pantai Mandalika yang menjadi sorotan karena dekat dengan sirkuit balapan, Kurusetra merangkum setidaknya enam tempat wisata juara di Pulau Lombok.

1. Gunung Rinjani
Paku buminya pulau Lombok. Gunung berketinggian 3,726 metres di atas permukaan laut itu adalah pusat destinasi wisata di Pulau Lombok. Gunung ini sudah terkenal seantero negeri bahkan dunia.

Tak hanya wisata mendaki, di sekitarnya terdapat Joben Ecopark hingga air terjun Mayung Polak yang bisa memanjakan turis.

Gunung Rinjani. Foto: Republika.
Gunung Rinjani. Foto: Republika.

2. Danau Segara Anak
Tak jauh dari Gunung Rinjani ada salah satu tempat healing terbaik, Danau Segara Anak. Pesona birunya air danau akan berkemilauan diterpa sinar matahari. Ketenangan yang ditawarkan di danau itu membuat pikiran Anda kembali segar.

3. Pantai Malimbu
Masih di Pulau Lombok Barat, tempat wisata yang tak boleh terlewatkan adalah Pantai Malimbu. Pantai ini bisa dibilang sebagai hidden game karena tidak terlalu ramai dan belum banyak diketahui.

Apalagi wisatawan akan dimanjakan dengan pasir pantai yang lembut dan melihat keindahan alam "Karang Bolong Malimbu".

4. Gili Trawangan
Salah satu surga untuk para wisatawan yang ingin snorkeling, atau scuba diving bagi yang bersertifikat. Tak hanya itu, ombak di pantai ini juga dinilai sebagai tempat terbaik untuk berselancar.

Di pulau ini, Anda tidak hanya bisa bermain di pantai, tetapi bisa berkuda, bersepeda, hingga naik delman untuk berkeliling pulau kecil ini.

Pantai Gili Trawangan. Foto: Republika
Pantai Gili Trawangan. Foto: Republika

5. Desa Sade
Pulau Lombok tak hanya menawarkan pantai dan gunung. Hanya berjarak 14,5 kilometer dari Sirkuit Internasional Mandalika, terdapat sebuah tempat wisata bernama Desa Sade.

Desa itu menjadi pusat peragaan langsung karena terdapat bangunan rumah adat terbuat dari kayu, bambu, hingga alang-alang kering. Wisatawan juga bisa membeli tenun ikat yang menjadi ciri khas desa tersebut. Kemahiran membuat kain tenun dimiliki warga desa dari turun temurun.

6. Pantai Pink
Jika Anda sampai ke pantai ini jangan lupa banyak-banyak mengabadikan gambar dalam bentuk video. Sebab, keindahan pantai ini tiada bandingnya mengingat pesona alam yang ditawarkan sangat luar biasa.

Pantai dengan pasir berwarna pink ini menjadi salah satu wisata andalan Pulau Lombok. Pantai Pink yang terletak di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur ini disebut-sebut sebagai tempat wisata terindah di Indonesia.

Pantai Pink di Lombok.
Pantai Pink di Lombok.
× Image