Home > Hikmah

Rasulullah Disebut tak Pernah Ajarkan Tahlilan, Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Membaca Alquran itu adalah mulia, berdzikir adalah mulia tetapi jika dikerjakan pada saat orang lagi meninggal harus dicari dahulu dalilnya.

Ustadz Khalid Basalamah. Menurut Ustadz Khalid Basalamah malam Nuzulul Quran tidak ada dan dalam syariat juga tidak ditemukan.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sebagian umat Islam di Indonesia menjalankan tradisi tahlilan dan membaca Surah Yasin, seperti tahlilan saat acara kematian. Menurut Ustadz Khalid Basalamah, tahlil adalah ibadah jika mengucapkan Lailahaillallah, tetapi tetapi jika tahlilan atau berdzikir di rumah orang meninggal dunia saat bertakziah hal tersebut tidak dicontohkan Nabi Muhammad Shalallahu Alahi Wassalam.

Tahlilan saat acara kematian, bagi sebagai umat Islam di Indonesia sudah menjadi budaya. "Tahlil itu ibadah, membaca Yasin bagian membaca ayat Alquran. Tapi kalau yang dimaksud di sini adalah orang membaca zikir di acara kematian misalnya dihubungkan dengan masalah ibadah tertentu, kalau lagi takziah ini yang butuh bahasan," kata Ustadz Khalid Basalamah dalam satu ceramahnya.

Baca Juga: Kenapa Orang Muhammadiyah tak Tahlilan Seperti Orang NU?

Membaca Alquran itu menurut Ustadz Khalid adalah mulia, berdzikir adalah mulia. Namun, kata Ustadz Khalid, jika dikerjakan pada saat orang lagi meninggal dunia harus dicari dahulu dalilnya sebelum dikerjakan.

"Jadi jangan sampai kita mengira kita sudah beribadah tapi tidak diterima Allah, itu yang saya tahu. Kalau teman-teman yang sudah punya dalil silakan dikerjakan, kalau saya pribadi tidak pernah menemukan," ujar Ustadz Khalid.

Baca Juga: Wali Songo Gunakan Bacaan Surah Yasin dalam Tahlilan dan Kirim Doa untuk Arwah untuk Gantikan Rapalan Mantra

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image