Home > Teknologi

Syarat-Syarat dan Cara Daftar Google AdSense YouTube Biar Dapat Gaji Bulanan dari Monetisasi Channel YouTube

Pendapatan Google AdSense didapat dari pengiklan yang memasang iklan produknya di layanan Google atau Adword.

Google AdSense. Cara mendaftarkan channel YouTube untuk ikut program Google AdSense.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... YouTube menjadi salah satu media sosial untuk mencari cuan. Sudah banyak YouTuber yang mendapatkan gaji dari YouTube setelah akun atau channelnya dimonitesasi. Lantas bagaimana caranya?

Untuk mendapatkan cuan dari YouTube, Sedulur bisa memanfaatkan program partner. Jika akun atau channel YouTube sudah memenuhi syarat, Sedulur bisa bergabung sebagai partner dan mendaftarkan Google Adsense.

Baca Juga: 5 Ancaman Download dan Instal GB WA, Waspada Jangan Langsung Klik Link yang Tersebar 

APA ITU GOOGLE ADSENSE?

Google AdSense adalah layanan Google yang bergerak di bidang periklanan daring. Pendapatan Google AdSense didapat dari pengiklan yang memasang iklan produknya di layanan Google atau bernama Adword.

Iklan-iklan itu dikelola layanan bernama AdSense. Pada tahap inilah, channel YouTube partner berpartisipasi untuk menampilkan iklan-iklan tersebut.

Baca Juga: Google Maps Matikan Fitur Live Traffic di Gaza, Diduga Atas Perintah Israel karena Takut Ketahuan Hamas

Google AdSense. Cara mendaftarkan channel YouTube untuk ikut program Google AdSense.

Syarat dan cara mendaftar Google Adsense YouTube pun gampang-gampang susah. Syarat pertama adalah akun sudah terverifikasi dengan memiliki minimal 1.000 subscriber, tidak spamming komentar, dan mendapatkan 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.

Google Adsense akan mengundang pemilik channel untuk menjadi partner. Namun jika syarat sudah terpenuhi tetapi belum mendapatkan undangan, Sedulur bisa mendaftarkan diri secara mandiri.

Baca Juga: Asyik, Google Bawa Aplikasi Zoom ke Android Auto and Cars, Meeting Virtual tak Perlu Repot Pakai HP

Salah satu tantangan ketika mendaftarkan channel YouTube untuk ikut program Google Adsense adalah menunggu verifikasi. Jika disetujui, YouTube akan mengirimkan kode verifikasi akun lewat pos.

Karena lewat pos, Sedulur yang ingin menjadi partner YouTube perlu sering-sering mengecek ke Kantor Pos terdekat. Alasannya, ada beberapa YouTuber yang sering telat mendapatkan kode verifikasi.

Jika tidak rajin mengecek atau bertanya ke Kantor Pos, ada kemungkinan kode tersebut akan hangus. Jika sudah lewat dari 2 bulan, permintaan menjadi partner akan dianggap hangus.

Cara mendaftar Google Adsense sangat mudah, yakni...

CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE

Seperti dinukil dari laman Support Google, berikut cara daftar Google Adsense YouTube:

1. Login ke Akun YouTube Studio dan pilih tab Monetisasi, klik mulai.

2. Pilih "daftar" ke Google AdSense, masukkan password akun YouTube dan lakukan autentikasi ulang jika diperlukan.

3. Pilih akun Google

4. Verifikasi alamat email. Setelah login, verifikasi alamat email yang ingin dipakai. Jika belum klik ‘Gunakan akun lain’ untuk mengganti akun dan lengkapi data diri dan informasi sebelum dikirimkan sebagai pendaftaran akun Google AdSense kamu.

5. Selesai. Setelah itu Sedulur akan diarahkan ke YouTube Studio di mana pada layanan AdSense akan memberi informasi melalui email apakah akun Sedulur memenuhi syarat menjadi partner atau tidak. Bila sudah dikonfirmasi, kartu Daftar ke Google AdSense kamu akan menunjukkan status aktif.

BACA JUGA: Siapa Sebenarnya Siti Latifah Herawati Diah, Sampai-Sampai Sosoknya Jadi Google Doodle

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image