Home > Hikmah

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Al Masurat Sesuai Tuntunan Rasulullah: Manfaatnya Luar Biasa, Jadi Perisai dari Kejahatan Hingga Diampuni Dosa

Umat Islam dianjurkan membaca dzikir setiap pagi dan petang agar mendapatkan keberkahan dan perlindungan Allah dari kejahatan.

Berdzikir. Setiap pagi umat Islam dianjurkan untuk membaca dzikir agar mendapatkan keberkahan dari Allah.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Setiap pagi dan petang, umat Islam dianjurkan untuk membaca dzikir. Tujuannya selain mendapatkan perlindungan, juga mendapatkan ridho dari Allah.

Imam Syahid Hasn Al-Bana menyusun kumpulan dzikir pagi dan petang. Dzikir pagi bisa dibaca ba'da Sholat Subuh hingga menjelang Sholat Dzhuhur, sedangkan dzikir petang dibaca ba'da Sholat Ashar hingga menjelang Sholat Maghrib.

Anjuran membaca dzikir pagi dan petang setiap hari diabadikan dalam Surah Al-Ahzab ayat 42, Allah berfirman:

??? ???????? ????????? ??????? ????????? ??????? ??????? ????????

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (QS. Al-Ahzab: 42).

Rasulullah dalam haditsnya menyebut dzikir merupakan amalan ibadah paling utama.

???? ????? ????????????? ?????? ??????? ??????? ?????: ????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?????????: "?????? ???????????? ???????? ??????? ??????? ??? ??????? ??????? ?? ???????? ???????? ?????? ???? ????????? ????????? ???????? ???????? ?????? ???? ???? ????????? ??????????? ???????????? ?????????????? ???????????? ?????????????? " ???????: ????? ???? ??? ??????? ???????? ?????: "?????? ??????? ????? ???????".

Dari Abu Darda ra yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: "Maukah aku ceritakan kepada kalian tentang amal perbuatan yang terbaik bagi kalian dan tersuci di sisi Tuhan kalian serta menghantarkan kalian kepada kedudukan yang tertinggi, dan lebih baik bagi kalian daripada menyedekahkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada kalian berperang melawan musuh kalian, lalu kalian tebas batang leher mereka dan mereka menebas batang leher kalian?” Mereka bertanya, 'Wahai Rasulullah, amalan apakah itu?" Rasulullah Saw. menjawab, "Dzikrullah (banyak menyebut nama Allah).” Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah memiliki para Malaikat yang berkeliling di jalanan untuk mencari orang-orang ahli dzikir. Dan ketika mereka menemukan sekelompok orang yang senantiasa berdzikir kepada Allah, para Malaikat ini kemudian memanggil, “Ambillah kebutuhan kalian.” (HR. Muttafakun Alaihi. Tirmidzi dan Ahmad)

Urutan Dzikir Al Matsurat:

1. Membaca Surah Al-Fatihah

???????? ??????? ???? ???????????? ???????????: ?????? ???????? ????????????? ?????????? ??? ????????? ???????? ????? ????????????? ??? ????????????? ?????????? ??? ??????? ?????? ???????? ??????????? ???????? ?????????? ??????????? ??? ???????? ?????????? ?????????????? ?????????? ????????? ?????????? ?????????? ?????? ???????????? ?????????? ????? ???????????? ??? ????

A’udzu Billahiminas Syaitho Nirrojiim. Bismillahir rohmanirro’hiim. Al’hamdulillahi robbil’aalamiin. Arro’hmanirro’him. Maliki Yawmiddiin. Iyyaka Na’budu Wa Iyyaka Nasta’iin. Ihdinash-Shiro Tholmustaqiim. Shirotholladziina An’amta ‘Alaihim Ghoiril maghdhuubi ‘Alaihim Wala Dholiin. Aamiin.

2. Membaca Surah Al Baqarah ayat 1-5

?????? 1

2. ?????? ????????? ??? ?????? ? ?????? ? ????? ?????????????????

3. ?????????? ???????????? ??????????? ?????????????? ?????????? ???????? ???????????? ?????????????

4. ???????????? ???????????? ?????? ???????? ???????? ?????? ???????? ???? ????????? ??????????????? ???? ?????????????

5. ??????????? ????? ????? ????? ?????????? ? ????????????? ???? ???????????????

Alif laaaaam miiim. Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, .(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menginfakkan sebagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada Kitab (al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Rabb-nya,dan merekalah orang-orang yang beruntung.

3. Membaca Ayat Kursi (Al Baqorah: 255)

??????? ????????? ???? ???????????? ??????????. ?????? ????? ??????????? ???????????. ?????? ??? ?????? ?????? ???? ???????? ??????????? ??? ?????????? ?????? ????????????? ???? ?????? ????????????? ???????? ????????? ??? ??? ???????? ???????? ???????? ?????? ?????????? ???????? ????????? ???????????? ??????????????? ????? ??????????? ???????? ????? ???????? ?????? ????? ?????? ?????? ??????????? ????????????? ??????????? ????? ???????? ??????????? ?????? ?????????? ???????????.

"Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta'khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih. Ya'lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min 'ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal 'aliyyul 'azhiim."

Artinya: “Allah, tidak ada tuhan selain dia, yang maha hidup, yang terus menerus mengurus (makhluknya), tidak mengantuk dan tidak tidur, miliknya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, tidak ada yang dapat memberi syafaat disisinya tanpa izinnya. dia mengetahui apa yang ada dihadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apapun tentang ilmunya melainkan apa yang dia kehendaki, kursinya meliputi langit dan bumi. dan dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan dia maha tinggi, maha besar.”

4. Membaca Surah Al Hasyr

???? ??????? ???????? ???? ?????? ?????? ????? ??????? ????????? ??????????????? ???? ??????????? ??????????? ???? ??????? ???????? ???? ?????? ?????? ???? ? ?????????? ???????????? ????????? ??????????? ????????????? ??????????? ??????????? ??????????????? ???????? ??????? ?????? ???????????? ???? ??????? ?????????? ?????????? ???????????? ???? ????????????? ??????????? ????????? ???? ??? ??? ??????????? ???????????? ?????? ??????????? ???????????

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang mempunyai nama-nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. (QS. Al Hasyr: 22-24).

5. Membaca Surah Al Ikhlas 3x

(1) ???? ???? ??????? ??????

(2) ??????? ?????????

(3) ???? ?????? ?????? ???????

(4) ?????? ?????? ???? ??????? ??????

Katakanlah, "Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula-diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”

6. Membaca Surah Al Falaq 3x

(1) ???? ??????? ??????? ?????????

(2) ???? ????? ??? ??????

(3) ?????? ????? ??????? ????? ??????

(4) ?????? ????? ?????????????? ??? ?????????

(5) ?????? ????? ??????? ????? ??????

Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.”

7. Membaca Surah An Nas 3x

(1) ???? ??????? ??????? ????????

(2) ?????? ????????

(3) ?????? ????????

(4) ???? ????? ???????????? ???????????

(5) ??????? ?????????? ??? ??????? ????????

(6) ???? ?????????? ??????????

Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

8. Membaca Doa Perlindungan

??????? ????????? ?????????? ?????????? ???? ???????????? ??????????

Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk. Doa tersebut dibaca tiga kali.

9. Doa Pagi Hari

??????????? ?????? ??????? ??? ?????? ?????? ?????? ???????????? ??????? ???????? ??????? ????? ???????? ?????????? ??? ???????????. ???????? ???? ???? ????? ??? ????????. ???????? ???? ???????????? ???????. ?????????? ??????????. ????????? ???? ????????? ??? ???????? ??????????? ?????? ??????

Latin: Allahumma anta rabbii laa ilaha Illa anta khalaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika, wawa'dika mas tatho'tu, a'dzubika min syarri maa shona'tu, abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abu u bidzanbi faghfirli. Fainnahu laa yaghfiru dzunuuba Illa anta.

Artinya: "Ya Allah! Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hambaMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmatMu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau."

10. Dzikir Pagi dan Sore

??????????? ?????????? (??????????? ?????????) ????????? ??????? ??????????? ??????? ??? ??????? ????? ??? ????? ?????? ???? ?????????? ??????????? (???????????)

Ashbahnaa wa ash-bahal (amsainaa wa amsa ) mulku lillaahi walhamdu lillaahi la syariika lahu laa ilaaha ilaa huwa wa ilaihi-nusyuur (mashiir)

Kami berpagi hari (sore) dan berpagi (sore) hari pula kerajaan milik Allah. Segala puji bagi Allah, tiada sekutu bagi-Nya, tiada Tuhan melainkan Dia dan kepada-Nya tempat kembali.

11. Dzikir Pagi dan Sore

??????????? (???????????) ????? ???????? ???????????? ??????? ???????? ???????????? ??????? ?????? ?????????? ????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ??????? ??????? ????????? ????????????? ????????? ????????? ????? ????? ???? ??????????????? Ashbahna (amsaina) 'ala fithrotil islaami wa 'alaa kalimatilikhlaashi wa 'ala diina nabiyyinaa muhammadin shollallahu 'alaihi wasallama wa 'alaa millati abiina ibraahiima haniiifaamuslimaa wamaa kaana minal musyrikiin. Di waktu pagi (sore) kami memegang agama Islam, kalimat ikhlas, agama Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan agama ayah kami Ibrahim, yang berdiri di atas jalan yang lurus, muslim dan tidak tergolong orang-orang musyrik.

12. Doa Perlindungan Dibaca 3x

?????? ??????? ??????? ??? ??????? ???? ??????? ?????? ??? ????????? ????? ??? ?????????? ?????? ?????????? ??????????

Bismillahilladzii laa yadhurru ma'asmihii syaiungfilardhi walaa fissamaai wahumas samii'ul 'aliim.

Dengan nama Allah Yang bersama NamaNya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Medengar lagi maha Mengetahui.

13. Dibaca pagi dan sore hari

??????? ??????????? ??????? ???????????? ???? ????? ??? ??????

A'uudzu bikalimatillahittaammaati min syarrimaa kholaq.

Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari keburukan apa-apa yang Dia ciptakan.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image