Home > News

Poster Selamat Hari Guru Nasional di Instagram Presiden Jokowi Bikin Baper Netizen: Kejar Cita-Cita Bukan yang Gak Cinta

Guru menjadi suri teladan anak-anak didik, melainkan tokoh yang menentukan laju peradaban bangsa, tulis Presiden Jokowi.

Poster Selamat Hari Guru Nasional. Presiden Jokowi memposting posten ucapan Selamat Hari Guru Nasional di Instagramnya.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunduh poster ucapan selamat Hari Guru Nasional, Sabtu (25/11/2023) di akun Instagramnya. Dalam poster Presiden Jokowi tersebut ada satu tulisan yang bikin baper netizen: Kejar Cita-Cita Bukan yang Gak Cinta.

“Guru bukan lagi sekedar seorang yang digugu dan ditiru, yang menjadi suri teladan anak-anak didik, melainkan tokoh yang menentukan laju peradaban bangsa,” tulis Jokowi di akun Instagramnya, Sabtu.

“Mereka menjadi jembatan anak-anak masa kini untuk melangkah ke masa depan. Di pundak mereka tersampir harapan orang tua, masyarakat, dan bangsa besar ini. Selamat Hari Guru Nasional,” sambung Jokowi.

Poster yang dibagikan Jokowi menggambarkan suasana belajar mengajar di depan gedung sekolah. Tulisan "Selamat Hari Guru Nasional" amat mencolok dalam poster dengan suasana yang cukup asri.

Empat guru digambarkan sedang memberikan penjelasan kepada murid-muridnya lewat sebuah buku. Sementara para murid SD yang berpakaian putih dan merah, murid SMP yang berpakaian putih dan biru, serta murid SMA yang berpakaikan putih dan abu-abu. Warna-warna itu menunjukkan strata pendidikan di Indonesia.

Ada juga guru yang tengah bermain bersama dua murid dan tiga anak SMP yang sedang duduk berdampingan tengah membaca buku bersama. Di sisi lain ada guru yang menulis di papan tulis: “Selamat Hari Dasi Kursi (Tiechair)”. Namun tulisan (tiechair) itu disilang dan diganti dengan Teacher yang berarti Guru dalam bahasa Inggris.

Tak hanya itu, di pojok kanan bawah papan tulis itu juga ada kalimat tebak-tebakkan yaitu “Daftar Anak yang Suka Ngagetin” dan jawabannya adalah "Anakonda". Tebak-tebakkan lain di poster tersebut ada di sampul buku yang bertuliskan “Buku yang Suka Jatuh” dan jawabannya adalah “Bookgedebug” alias suara benda jatuh.

Menariknya, sosok kucing oyen yang beberapa kali tampil di poster Presiden Jokowi juga nampang di poster Hari Guru Nasional tersebut. Jika di poster Hari Guru tahun kemarin sosok kucing oreng ini bersembunyi dan dicari-cari sama warganet, di poster Hari Guru tahun ini si kucing oreng terpampang jelas.

Kucing oyen itu digambarkan sedang memeluk buah semangka, di mana buah semangka di beberapa waktu terakhir menjadi simbol pengganti bendera dari Palestina. Dan tentu saja dalam poster tersebut ada sosok Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana hitam sedang berdiri mengamati proses belajar mengajar di luar ruangan sembari tersenyum.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image