Home > News

Terngiang-ngiang di Kepala, Apa Sih Arti Sepuh di Sound Puh Sepuh Ajarin Aku Dong Sepuh Aku Masih Pemula yang Viral di TikTok?

Dalam bahasa Jawa, sepuh merujuk kepada pengertian orang tua. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti lain.

Puh Sepuh. Sedang viral di TikTok sound puh sepuh ajarin aku dong aku masih pemula.



KURUSETRA -- Salam Sedulur... Tren baru selalu muncul di media sosial, termasuk TikTok. Yang terhangat adalah sound viral "puh sepuh" yang banyak dipakai konten kreator untuk mengisi suara di video mereka. Lantas apakah arti "sepuh" dalam sound viral tersebut?

Puh Sepuh
Aku mah masih pemula
Ajarin aku dong puh sepuh!
Tinky Winky, Dipsy, Lala, Puh Sepuh!
Ajarin dong puh sepuh!

Dalam bahasa Jawa, sepuh merujuk kepada pengertian orang tua. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti lain.

Secara etimologi, sepuh dalam KBBI justru bukan merujuk kepada usia seseorang, tetapi memiliki arti lain yang merupakan kata benda. Pertama, sepuh berarti campuran sendawa, tawas, dan sebagainya yang dipakai untuk menuakan warna emas (menjadikan warna emas tua). Kedua arti sepuh adalah sadur (emas, perak).

Ketiga, dalam KBBI sepuh bisa berarti cara mengeraskan sabit, pisau, dan sebagainya dengan membakar lalu mencelupkannya ke dalam air. Sementara dalam bahasa melayu Jakarta, sepuh merupakan sesuatu yang dipakai untuk mewarnai kue dan sebagainya. Namun jika ditelisik, arti kata sepuh yang digunakan dalam sound viral tersebut merujuk kepada usia seseorang yang sudah tua.

Tak hanya netizen Indonesia yang terjangkit sound "puh sepuh". Pebalab asal Spanyol, Maverick Vinales usai tampil mengesankan di MotoGP Mandalika juga menuliskan sound puh sepuh di akun Instagramnya.

Vinales meraih posisi kedua di sesi kualifikasi dan keempat di Sprint Race. Ketika mengunggah keberhasilan tersebut di akun media sosial resminya, dia menulis keterangan 'aku mah masih pemula'.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image