Home > Budaya

Mengenal Pandawa Lima, Tokoh Pewayangan Paling Terkenal di Cerita Mahabharata

Pandawa lima adalah sebutan untuk lima saudara putra Pandu, Raja di Hastinapura. Pandawa Lima adalah Yudistira, Bima, Aruna, Nakula, Sadewa.

Pandawa Lima

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Dalam cerita pewayangan, Pandawa Lima menjadi tokoh yang paling terkenal dalam kisah Mahabharata. Sesuai namanya, Pandawa lima adalah sebutan untuk lima saudara putra Pandu, seorang Raja di Hastinapura.

Pandawa Lima adalah Yudistira, Bima, Aruna, Nakula, dan Sadewa. Kelima tokoh tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.

1. Yudistira
Yudistira adalah putra pertama dari Pandu Dewanata dan Dewi Kunti. Yudistira memiliki nama kecil yaitu Raden Puntadewa.

Yudistira digambarkan sebagai penjelmaan Dewa Yama. Dia memerintah di Kerajaan Amarta.

Putra pertama ini digambarkan sebagai tokoh yang sangat bijaksana. Bahkan Yudistira hampir tidak pernah berbuat dusta atau berbohong seumur hidupnya, memiliki moral yang sangat tinggi, dan merupakan orang yang pemaaf.

Baca Juga: Perkawinan Wayang Jawa dan Sunda Lahirkan Wayang Janda di Pentas Safari Cinta Cirebon

2. Bima
Putra kedua adalah Bima memiliki nama lain Bratasena, Balawa, Birawa, Dandungwacana, Nagata, Kusumayuda, Kowara, Pandusiwi, Bayusuta, Sena, Wekudara, Wijasena, dan Jagal Abilawa. Bima merupakan putra kedua dari Pandu Dewanata dan Dewi Kunti.

Bima digambarkan sebagai jelmaan dari Dewa Bayu, yang bertempat tinggal di Kadipaten Jodipati di wilayah Indraprastha. Tokoh ini digambarkan sebagai sosok yang kuat, bersifat kasar, dan menakutkan di mata musuh, namun memiliki hati yang sangat lembut. Bima memiliki senjata istimewa, yakni Gada Rujakpala dan Kuku Pancanaka. Bima memiliki sifat yang gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh, dan jujur.

Baca Juga: Sejarah Museum Wayang, Harga Tiket Masuk, dan Lokasi

3. Arjuna
Tokoh paling terkenal adalah Arjuna. Tokoh ini memiliki nama lain Permadi, Janaka, Wibatsuh, Parta, Dananjaya, dan Palguna.

Arjuna merupakan putra bungsu dari Prabu Dewanata dengan Dewi Kunti. Arjuna merupakan penjelmaan dari Dewa Indra, yang memimpin kerajaan di Madukara.

Dia digambarkan sebagai sosok ksatria yang cerdik dan gemar berkelana, bertapa, dan menuntut ilmu. Arjuna adalah tokoh yang mahir dalam ilmu peperangan.

Arjuna punya senjata sakti yaitu Panah Pasupati, Busur Gandiwa, dan Terompet Dewadatta. Arjuna digambarkan memiliki karakter yang mulia, berjiwa ksatria, mempunyai iman yang kuat, dan gagah berani.

Baca Juga: Raden Patah Raja Demak & Wali Songo Ajak Rakyat Jawa Nonton Wayang Gratis, Tiket Masuk Baca 2 Kalimat Syahadat

Nomor 4 dan 5 kembar...

4. Nakula
Nakula punya nama kecil Pinten. Tokoh ini adalah salah satu putra kembar dari pasangan Pandu dan Dewi Madrim. Nakula adalah penjelmaan dari Dewa Kembar Aswin atau dewa pengobatan.

Tokoh ini digambarkan sebagai sosok yang pandai dalam memainkan senjata. Nakula adalah ksatria pedang yang tangguh yang punya karakter jujur, setia, taat pada orang tua, dapat menjaga rahasia, dan suka membalas budi.

5. Sadewa
Memiliki nama kecil Tangsen, Sadewa merupakan salah satu putra kembar dari Pandu dan Dewi Madrim. Sadewa merupakan penjelmaan dari Dewa Kembar Aswin.

Sadewa digambarkan sebagai ahli ilmu astronomi. Dia memiliki karakter rajin, bijaksana, setia, taat pada orang tua, dapat menjaga rahasia, dan suka membalas budi.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image