Home > Wisata

Mudik dari Jakarta ke Bandung Naik Kereta Hanya Modal Rp 20 Ribu, Emang Bisa?

Mudik ke Bandung dari Jakarta tidak perlu biaya mahal, cukup Rp 20 ribu bisa sampai ke Kota Kembang dengan naik kereta api.
Mudik ke Bandung naik kereta modal Rp 20 ribu.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ada banyak alternatif untuk mudik ke Kota Bandung dari Jakarta. Mulai dari naik mobil pribadi, bus, sampai kereta api dengan ongkos atau biaya yang bervariasi. Namun tahukah Sedulur, untuk pulang kampung dari Jakarta ke Bandung naik kereta api ternyata bisa dengan biaya hanya Rp 20 ribu saja. Tak percaya simak tips berikut ini.

Ongkos Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Whoosh antara Rp 150 ribu ketika promo hingga Rp 600 ribu untuk first class. Sementara KA Argo Parahyangan antara Rp 95 ribu hingga Rp 150 ribu dengan tarif yang bakal melambung mendekati Hari Raya Idul Fitri. Namun tenang, Sedulur bisa mencoba menggunakan kereta api ke Bandung dengan tarif merakyat tetapi dengan cara yang sedikit merepotkan dan menguras waktu dan tenaga.

Sedulur bisa pergi Bandung dengan cara transit dari satu kereta ke kereta lainnya. Pertama, Sedulur perlu naik KRL Commuter dari Stasiun Jakarta Kota ke stasiun pemberhentian terakhir yakni Stasiun Cikarang.

BACA JUGA: Asal Usul Bandung: Dari Danau Purba Jadi Tempat Dilan Jatuh Cinta

Untuk sampai ke Stasiun Cikarang dari Stasiun Jakarta Kota naik KRL Commuter, Sedulur kan melewati dua stasiun transit, yakni Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara. KRL lalu akan bergerak melewati Stasiun Bekasi sebelum tiba ke pemberhentian terakhir, Stasiun Cikarang. Harga tiket kereta ini antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

Dari Stasiun Cikarang, Sedulur melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Walahar Ekspress menuju Purwakarta dengan harga tiket Rp 4.000. Setelah itu menyambung lagi naik KA Lokal Cibatuan. Tiket kereta KA Lokal Cibatuan Rp 4.000 dan kereta ini berhenti di beberapa stasiun di Bandung, yakni Padalarang, Cimahi, Bandung, dan Kiaracondong.

Baca Juga: Tabrakan Kereta di Cicalengka Bandung, di Zaman Belanda Kecelakaan Kereta Terjadi karena Ditabrak Sapi

Tarif Kereta

Jika dirinci harga tiket dari Jakarta menuju Bandung tidak sampai Rp 20 ribu. Rinciannya:

1. KRL Jakarta-Cikarang Rp 5.000
2. KA Lokal Walahar Ekspress Cikarang-Purwakarta Rp 4.000
3. KA Lokal Cibatuan Purwakarta-Bandung Rp 8.000

Dengan tarif antara Rp 17 ribu sampai Rp 20 ribu, tentu saja akan menghemat pengeluaran. Apalagi jika Sedulur pergi dengan banyak keluarga. Meski harus berkorban waktu dan tenaga, setidaknya dengan perjalanan panjang bisa merasakan berpetualang mencoba cara baru mudik ke Bandung.

Baca Juga: Bukan Mitos, Ular Naga Ternyata Ada dan Hidup di Gunung Sunda Bandung

Waktu Tempuh Perjalanan

Oia, perkiraan waktu perjalanan Jakarta Kota menuju Cikarang sekitar 1 jam 30 menit. Perjalanan dari Cikarang menuju Purwakarta memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Sementara Purwakarta-Bandung memerlukan waktu sekitar 2 Jam 40 menit-an. Jika ditotalkan waktu perjalanan di atas kereta 5 jam 55 menit.

Namun perkiraan waktu itu di luar waktu tunggu kedatangan kereta karena jadwal kereta lokal dari Cikarang--Purwakarta dan Purwakarta--Bandung belum tentu bertepatan dengan ketibaan kita di stasiun tersebut. Meski ada lebih kurangnya, berpetualang menggunakan kereta transit dari Jakarta ke Bandung perlu dicoba.

Selamat mudik Lebaran, hati-hati di jalan.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image