Home > News

Malas Berjemur, Ini 3 Makanan yang Mengandung Vitamin D Seperti Sinar Matahari

Dengan vitamin D, tubuh manusia bisa menyerap kalsium dan mempertahankan kadar magnesium, fosfat, dan serum yang berguna bagi tulang, otot.

Berjemur. Ada tiga makanan yang mengandung vitamin D.
KURUSETRA -- Salam Sedulur... Manusia membutuhkan asupan banyak vitamin untuk menjaga kebugaran tubuhnya, salah satunya vitamin D. Sedulur, biasanya vitamin D bisa didapat dengan cara yang mudah yaitu dengan berjemur saat pagi hari karena sinar matahari mengandung vitamin D.

Namun buat kamu yang malas berjemur, tenang saja ada empat makanan yang bisa kamu konsumsi karena juga mengandung vitamin D seperti sinar matahari pagi. Sehingga asupan vitamin D tetap terpenuhi.

Dinukil dari Healthline, vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk kesehatan optimal. Dengan vitamin D, tubuh manusia bisa menyerap kalsium dan mempertahankan kadar magnesium, fosfat, dan serum yang berguna bagi tulang, otot, dan gigi.

Kegunaan lain vitamin D masih banyak lho, Sedulur. Di antaranya membantu proses perkembangan otak, fungsi jantung, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan mental.

Tubuh manusia yang kekurangan vitamin D akan menimbulkan gangguan kesehatan yang disebut Osteomalacia. yaitu kondisi ketika tulang menjadi lunak. Kondisi ini terjadi akibat kekurangan vitamin D, kalsium, atau fosfor.

Osteomalacia biasanya terjadi pada orang dewasa yang tulangnya sudah tidak berkembang. Karena itu, Sedulur, selagi kalian masih anak-anak dan dalam masa pertumbuhan, sebaiknya jaga asupan vitamin D setiap hari ya.

Berikut makanan yang mengandung vitamin D:

1. Keju
Kadar vitamin D di dalam keju memang tidak terlalu banyak, sekitar 0,2 sampai 0,6 mikrogram setiap 50 gram. Namun kadar vitamin D di keju merupakan sumber alami, sehingga keju bermanfaat memelihara kesehatan tulang, gigi, saluran pencernaan, dan tekanan darah.

Jenis keju yang kaya vitamin D adalah keju Fontina, Monterey, dan Cheddar. Sementara jenis keju seperti cottage, ricotta, dan keju krim hampir tidak mengandung vitamin D.

2. Yoghurt
Minuman yang terbuat dari susu ini mengandung beragam nutrisi  yang sangat penting untuk tubuh. Di antaranya kalsium dan mineral. Selain itu yoghurt juga tinggi protein.

Fungsi protein untuk mendukung metabolisme dan meningkatkan proses pengeluaran energi tubuh. Yougurt juga menyehatkan pencernaan karena mengandung bakteri probiotik yang mengurangi gangguan pencernaan, seperti diare, kembung, sembelit, menyehatkan jantung karena meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

3. Kuning Telur
Dalam satu butir telur ayam terdapat beragam nutrisi. Di antaranya 70 kilokalori energi, protein, hingga vitamin. Di bagian kuning telur mengandung vitamin D.

Kids, jika kamu ingin mendapatkan kandungan vitamin D lebih banyak sebaiknya mengkonsumsi telur ayam kampung karena mengandung lebih banyak vitamin D ketimbang telur ayam negeri. Kuning telur ayam juga ternyata mengandung kolin yang baik untuk kesehatan otak dan saraf. Manfaat yang terkandung dalam kuning telur ternyat ajuga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image