Home > News

Viral Video Harimau Jawa Dikabarkan Muncul di Wonogiri, Netizen Heboh Simbah Menampakkan Diri, Ternyata...

Video yang diklaim sebagai harimau jawa itu ternyata harimau belang itu berada di jalan Kurkheda di Gadchiroli, India.

Harimau. Viral video yang menggambarkan seekor harimau melintasi jalan yang disebut berada di Wonogiri, Jawa Tengah. Faktanya, harimau tersebut berada di India.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Harimau jawa dinyatakan punah pada 1980-an. Namun, masih banyak pihak yang percaya jika sang raja hutan belumlah punah. Karena itu, viralnya sebuah video yang menggambarkan seekor harimau yang dipercaya sebagai harimau jawa melintasi sebuah jalan yang diklaim berada di Wonogiri, Jawa Tengah.

Video yang beredar di Twitter (X) berdurasi 15 detik tersebut pun langsung disambut beragam komentar. Video yang pada 5 Desember 2022 itu telah disukai lebih dari seribu kali, diunggah ulang hingga hampir 400 kali, dan mendapatkan komentar dari lebih dari 380 pengguna lain Twitter.

Sejumlah netizen pun ikut berkomentar tentang video tersebut. Ada yang percaya, ada yang menyangkal.

“Wonogiri... Ra kaget. Jaman cilik bbrp kali ngerti lewat.”

Sementara lanjutan keterangan di bawah unggahan Twitter itu, pemilik akun menyebut harimau itu sebagai "simbah" yang punya bau busuk jika berada dekat manusia dan bau wangi jika jauh.

Namun, benarkah harimau yang tampak pada unggahan video itu berada di Wonogiri Jawa Tengah? Unggahan hoaks video yang diklaim penampakan harimau di Wonogiri, Jawa Tengah. Faktanya, harimau belang itu berada di jalan Kurkheda di Gadchiroli, India. (Twitter)

Harimau. Viral video yang menggambarkan seekor harimau melintasi jalan yang disebut berada di Wonogiri, Jawa Tengah. Faktanya, harimau tersebut berada di India.

Berdasarkan penelusuran, unggahan video harimau berdurasi 15 detik seperti tampak di Twitter itu bukan berlokasi di Wonogiri, Jawa Tengah. Video serupa ditemukan dalam unggahan YouTube pemilik akun YouTube asal India.

Konten yang muncul pada 31 Maret 2022 itu berjudul “Tiger Crossing Road At Jungle ll Roaring Tiger ll Hebbuli Real Wild Beast at Night”. Pemilik akun menyebut harimau yang tampak pada video itu berkelamin jantan dengan perkiraan bobot mencapai 300 kilogram.

"Kenyataannya, harimau bukan melintasi jalanan di hutan, melainkan jalanan-lah yang melintasi hutan," demikian keterangan yang ditambahkan akun bernama PRAVARDH MYSORE itu.

Selain itu ada juga unggahan berita media lokal di India yang melaporkan peristiwa harimau melintas pada malam hari tersebut. Dalam unggahan YouTube TV9 Marathi dengan berjudul “Gerakan bebas harimau di Gadchiroli - Tv9”, dijelaskan tentang penampakan harimau belang di jalan Kurkheda di Gadchiroli, India.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image