Home > Hikmah

Niat Puasa Ayyamul Bidh dan 5 Keutamaannya

Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan setiap tengah bulan Hijriyah, khususnya pada tanggal 13, 14, dan 15 dan memiliki segudang keutamaan.



KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Umat Muslim memiliki sejumlah puasa sunnah yang bisa rutin dilakukan. Selain puasa Senin-Kamis, ada juga puasa Ayyamul Bidh yang bisa dijalankan umat Islam.

Puasa Ayyamul Bidh diambil dari bahasa Arab yang berarti 'hari-hari putih'. Puasa ini dilaksanakan setiap tengah bulan Hijriyah, khususnya pada tanggal 13, 14, dan 15.

Sama seperti puasa Ramadhan atau puasa sunnah lainnya, puasa Ayyamul Bidh pun tak ada perbedaan dalam tata cara dan waktunya. Berikut bacaan niat puasa Ayyamul Bidh dan keutamaannya.

Niat Puasa Ayyamul Bidh
Nawaitu sauma Ayyaamal Bidh sunnatan lillaahi Ta'ala.
Artinya: Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta'ala.

Setelah membaca niat Sedulur bisa makan sahur dan berhenti makan sebelum adzan Subuh berkumandang atau yang dikenal dengan imsak. Imsak dilakukan agar umat Islam yang hendak berpuasa bisa bersiap-siap melaksanakan Sholat Subuh agar tidak tergesa-gesa.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

1. Puasa Ayyamul Bidh Bagaikan Puasa Sepanjang Tahun

Dalam hadits riwayat Abudaud dan Tirmidzi dijelaskan “Barangsiapa yang berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

2. Jadi Perisai Api Neraka

Hadits riwayat Ahmad dan Tirmidzi mengatakan "Puasa adalah perisai dari api neraka." (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

3. Meningkatkan Derajat di Sisi Allah

Hal ini juga disampaikan dalam hadits yang berarti "Barangsiapa yang berpuasa sunnah, maka Allah akan mengangkatnya seratus derajat." (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Melapangkan Pintu Rezeki

Salah satu hal yang dikaitkan dengan kelancaran rejeki adalah berpuasa sunnah. “Barangsiapa yang berpuasa sunnah, maka Allah akan melapangkan rezekinya.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

5. Memudahkan Sakaratul Maut

Merupakan ibadah puasa sunnah, hal yang disampaikan dalam hadits berikut bisa juga diaplikasikan sebagai keutamaan puasa sunnah Ayyamul Bidh. “Barangsiapa yang berpuasa sunnah, maka Allah akan melapangkan rezekinya.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim).

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image