Home > News

Haul Gus Dur ke-14, Teringat Ramalnya Tentang Prabowo Jadi Presiden, Kapan Waktunya?

KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pernah meramalkan Prabowo Subianto akan menjadi Presiden Republik Indonesia di usia tua.

Gus Dur (kiri) dan Prabowo (kanan). Usai kerusuhan Mei 1998, Gus Dur melarang Prabowo yang sedang mengasingkan diri di Yordania pulang ke Indonesia karena takut dihabisi preman Cengkareng. Foto; Tangkapan layar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Branding gemoy sedang dimainkan tim pemenangan capres Prabowo Subianto. Pilpres 2024 menjadi yang keempat bagi Prabowo ikut serta di mana tiga kali keikutsertaan sebelumnya selalu gagal. Namun, Prabowo kini tetap punya peluang menang, apalagi jika merujuk kepada ramalan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang menyebut Prabowo akan menjadi presiden pada usia tua.

Saat ini Prabowo berusia 72 tahun. Di usia yang sudah cukup berumur tersebut, menarik untuk menanti apakah ramalan Gus Dur yang dikenal sebagai ulama yang bermulut emas akan terjadi.

Sebelumnya, sejumlah ucapan Gus Dur pernah menjadi kenyataan di masa depan. Seperti "ramalan" pada 2006 tentang Wali Kota Solo, Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi presiden.

Seperti diketahui, Prabowo lahir di Jakarta pada 17 Oktober 1951. Tahun ini Prabowo memasuki usia 72 tahun dan menuju 73 tahun ketika Pilpres 2024 digelar. Jika Prabowo maju sebagai calon presiden 2024, ucapan Gus Dur yang menyebut Prabowo jadi presiden di usia tua bisa saja jadi kenyataan.

Dalam empat kali mengikuti konstentasi Pilpres, Prabowo berakhir dengan kekalahan. Dimulai pada 2004, 2009, 2014, dan 2019.

Suatu waktu Gus Dur pernah menyebut Prabowo akan menjadi presiden di masa tua. Seperti disampaikan Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, Gus Dur yang merupakan Presiden ke-4 RI itu pernah meramalkan Prabowo Subianto menjadi presiden saat tua.

"Saya ingat apa yang disampaikan Gus Dur, 'Prabowo Subianto akan menjadi presiden di usia tua'. Mungkin tahun ini adalah jawaban untuk Pak Prabowo Subianto," kata Gus Miftah ketika menghadiri acara ulang tahun Rosario de Marshall alias Hercules yang merupakan pendukung Prabowo dalam Pilpres 2024, di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (3/6/2023) petang.

Ramalan Gus Dur itu juga pernah disampaikan mantan ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. Said merupakan sosok yang dekat dengan Gus Dur. "Gus Dur bilang Anda (Prabowo) masih muda. Sabar dulu, nanti setelah memasuki masa tua akan jadi pemimpin (presiden). Dia (Gus Dur) bilang begitu," kata Said menirukan ucapan Gus Dur saat menerima silahturahmi Prabowo di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, pada 2014.

Prabowo dan Gus Dur sendiri bersahabat. Keduanya sudah saling kenal sejak masa Orde Baru dan menjalin persahabatan hingga Gus Dur wafat.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image