Home > News

Pemerintah Umumkan Segera Buka Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2024 untuk Guru, Tenaga Kesehatan, dan Fresh Graduate, Kapan Waktunya?

Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dibuka pada Mei 2024 dan pengumuman resminya akan dibuka pada Mei 2024.

PNS. Ada 27 hari libur nasional dan cuti bersama yang bisa dimanfaatkan PNS dan PPPK untuk berlibur.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Pemerintah akan membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024. Pendaftaran CPNS dan PPPK akan dibuka pada Mei 2024.

Pemerintah menyediakan 2,3 juta formasi CPNS pada 2024. Formasi CPNS tersebut mencakup untuk fresh graduate. Sementara formasi PPPK 2024 dibuka untuk tenaga guru, kesehatan, dan teknis.

Namun Pemerintah belum mengumumkan secara resmi apakah ada formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMA/SMK. Sedulur yang berminat mendaftar sebagai CPNS bisa memantau informasinya di laman resmi BKN.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka, Catat Prosedur, Syarat, dan Formasinya, Dapatkan Link Pendaftaran di Sini

Tahun lalu atau 2023 beberapa instansi membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK. Apa saja?

1. Kemenkumham
Tahun lalu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat untuk CPNS 2023 sebagai penjaga tahanan.

2. BKKBN
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membuka formasi PPPK untuk lulusan SMA/SMK sebagai Petugas Lapangan Keluarga Berencana Pemula.

3. Badan Intelijen Negara
Badan Intelijen Negara (BIN) yang merupakan lembaga pemerintah nonkementerian, membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA. Gaji yang diterima antara Rp 2-4,5 juta.

4. Kementrian Pertanian
Kementerian Pertanian (Kementan) membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK sebagai PPPK kategori umum untuk Paramedik Veteriner. Gaji yang diterima di formasi tersebut sekitar Rp 2.325.600-Rp 5.825.600.

5. Kejaksaan Agung
Kejaksaan Agung (Kejagung) membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat sebagai operator penjaga tahanan dan Klerek-pengelola penanganan perkara. Gaji yang diterima pada formasi ini pada 2023 yakni sekitar  Rp 5,66-7,06 juta.

6. Kementerian Perhubungan
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga membuka lowongan PPPK 2023 untuk jenjang SMK pada jabatan Pengawas Keselamatan Pelayaran di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Kemenhub menerima 133 formasi pada lowongan jabatan tersebut sebanyak 133 untuk SMK pelayaran nautika dan SMK pelayaran teknika.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image