Home > Teknologi

Presiden Soeharto Hidup Kembali Berkat Bantuan AI: Ini Pesan Mantan Mertua Prabowo Subianto Tersebut

Politikus Golkar Erwin Aksa mengunggah video Presiden Soeharto yang "dihidupkan" lewat AI atau kecerdasan buatan.

Presiden Soeharto. Video yang menampilkan Presiden Soeharto menghebohkan netizen. AI berhasil menghidupkan kembali sosok Presiden Soeharto.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Presiden kedua RI, Soeharto "hidup" kembali berkat bantuan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. AI berhasil menghidupkan kembali Soeharto lewat video yang diunggah Wakil Ketua Umum Partai Golkar Erwin Aksa di akun Twitter (X) pribadinya.

Dalam video menggambarkan sosok Pak Harto serupa gesture tubuh hingga gerakan bibir yang mengikuti setiap kalimat yang disampaikannya. Video mantan mertua capres Prabowo Subianto tersebut bahkan bisa dibilang sangat "halus" seperti bukan AI.

Dalam video yang dibagikan Erwin Aksa itu, Soeharto mengungkap cita-citanya sejak memimpin Indonesia. "Sejak saya menjabat, impian saya adalah membangun Indonesia yang maju dan sejahtera. Impian saya itu diwujudkan melalui pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol dan bendungan bersama para insinyur Indonesia yang hebat," kata Soeharto buatan AI itu.

BACA JUGA: Google Siapkan Gemini AI, Sang Pembunuh ChatGPT, Bisa Jawab Pertanyaan Sulit, Apa Lagi Kelebihannya?  

"Presiden Jokowi dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah melanjutkan pekerjaan penting ini. Bukti bahwa mimpi kita tidak akan pernah padam, terus menyala dari generasi ke generasi. Edukasi sebagai kunci utama pembangunan bangsa telah saya wujudkan melalui ribuan SDM inves, komitmen ini harus terus berkembang," tuturnya lagi.

Erwin Aksa pun mengungkap alasan di balik pembuatan video yang menampilkan Soeharto itu. "Video ini dibuat menggunakan teknologi AI untuk mengingatkan kita betapa pentingnya suara kita dalam pemilihan umum yang akan menentukan masa depan agar harapan rakyat Indonesia terwujud dan sejahtera," tulis Aksa dalam captions unggahannya.

"Harapan dan perjuangan bangsa Indonesia tak akan pernah padam, akan selalu diwujudkan dalam setiap generasi. Mimpi-mimpi Indonesia akan selalu terwujud. Pada 14 Februari 2024, kita akan menentukan nasib bangsa Indonesia. Kita harus memilih wakil rakyat dan pemimpin yang tepat untuk Indonesia, untuk seluruh rakyat Indonesia."

Baca Juga: Presiden Jokowi Jadi Korban Deepfake Pakai AI, Jadi Jago Ngomong Bahasa China

 

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image