Home > Hikmah

3 Doa Buka Puasa Ramadhan 2024 Sesuai Ajaran Rasulullah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Salah satu waktu mustajab berdoa agar semua keinginan dikabulkan adalah ketika berbuka puasa, terutama di bulan Ramadhan.

Buka Puasa. Salah satu waktu mustajab berdoa adalah saat buka puasa.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Marhaban Ya Ramadhan, kita memasuki bulan suci di mana semua amalan dilipatgandakan. Sebagai pengingat, salah satu waktu yang tepat memanjatkan keinginan adalah saat berdoa ketika buka puasa.

Ada banyak amalan yang sayang dilewatkan selama Ramadhan, tetapi kita sering kali lupa ketika berbuka puasa ada waktu mustajab semua keinginan dikabulkan, yakni saat berbuka puasa. Sebab, saat berbuka puasa adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Orang yang berpuasa mendapatkan dua kebahagiaan, salah satunya saat berbuka berjumpa dengan Allah.
??????????? ??????????? ???????? ?????? ???????? ?????????? ?????? ??????? ???????

Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. (HR. Muslim)

Berikut 3 doa buka puasa Ramadhan dan artinya:

1.
?????????? ?????????? ?????????? ????????? ???? ????????? ???? ??????? ???? ????????? ??????? ???????? ” ????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? ????? ????? ???????? ?????: «?????????? ???? ??????? ??????? ???????? ??????????»

Artinya: Sesungguhnya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam ketika berbuka membaca doa: Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthartu (HR. Abu Dawud, diriwayatkan juga oleh Al Baihaqi, Ath Thabarany, Ibnu Abi Syaibah)

2.
?????????? ??? ????? ????? ??????? ??????? ???????? ?????????? ? ?????? ????????? ???????????? ?????????? ???????? ????????? ??? ????? ???????

Allahumma laka shumtu wabika aamanyu wa 'alaa rizqika afthartu dzhaba dhomau wabtallatil uruuqu watsabatal ajru insyaallah.

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.
Buka Puasa Ramadhan. Buka puasa adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Foto: Republika.
Buka Puasa Ramadhan. Buka puasa adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Foto: Republika.

3. Dalam riwayat lain disebutkan lafaz doa berbuka puasa sebagai berikut:
?????? ????????? ??????????? ?????????? ??????? ?????? ??? ???? ?????

Dzahaba dhomau wabtallatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah. Artinya: Rasa haus telah hilang, kerongkongan telah basah, dan telah tetap pahala, insya Allah (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni menyatakan sanadnya hasan, Al Hakim menyatakan sanadnya shahih menurut Syaikhain/bukhori muslim).

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image