Home > Hikmah

Doa Buka Puasa Selain Allahumma Laka Shumtu Wa Bika Amantu

Umat Muslim dianjurkan memperbanyak berdoa usai berbuka puasa, terutama ketika puasa Ramadhan karena menjadi waktu mustajab terkabulnya doa

Buka Puasa Ramadhan. Buka puasa adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah ketika buka puasa. Karena itu, umat Muslim dianjurkan memperbanyak berdoa usai berbuka puasa, terutama ketika puasa Ramadhan.

Di Indonesia, mayoritas kaum Muslimin membaca doa yang diajarkan Imam Hanafi. Mengutip buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri 3: Tarawih dan Witir tulisan Saiyid Mahadir menyebut sebagian ulama dari mahzhab Hanafi melafazkan niat puasa untuk esok harinya pada waktu berbuka puasa.

Baca Juga: Amangkurat I Raja Kerajaan Mataram Islam Serahkan Semarang ke VOC Sebagai Imbalan Bantu Pemberontakan Trunojoyo

Perhatikan doa berbuka puasa yang ditulis oleh Imam Fakhruddin Az-Zaila' dari madzhab Hanafi.

Doa berbuka puasa Ramadhan

????? ?? ??? ??? ???? ????? ????? ???? ???? ???????? ???????? ??????? ???? ?????? ????????? ???????? ????????? ??? ??? ???????? ????? ???????

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa alaika tawakkaltu wa 'ala rizqika afthartu wa shauma ghodi min syahri ramadhan nawaitu faghfirli mo goddamtu wama akhratu.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

(Ya Allah untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepadamu aku bertawakkal, atas rezal- Mu aku berbuka, puasa esok hari dari bulan ramadhan aku niatkan, maka ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang).

Baca Juga: Satu Keluarga Bunuh Diri di Penjaringan, Ini Penjelasan Gus Baha Soal Mati Bunuh Diri

Namun ada juga doa yang lain selain doa di atas. Sedulur bisa membaca doa:

"Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah"

Artinya: "Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah (jika Allah menghendaki)."

Baca Juga: Bacaan Doa, Niat, dan Tata Cara Sholat Tarawih

Selain dua doa di atas, ada juga doa lainnya, yakni...

Atau juga bisa membaca doa buka puasa:

Allahumma laka shumna wa ala rizqika aftharna, Allahumma taqabbal minna innaka antas samiul ‘alim"

Artinya: "Ya Allah , untuk-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau zat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui."

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image