Home > Humor

Jamaah Haji Asal Madura Langsung Ingat Dosa Gara-Gara Mandi di Hotel yang Keluar Air Panas

Ternyata orang Madura itu salah pencet kran.
Jamaah haji asal Madura langsung ingat dosa gara-gara mandi di hotel yang keluar selalu panas.
Jamaah haji asal Madura langsung ingat dosa gara-gara mandi di hotel yang keluar selalu panas.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Kloter pertama jamaah haji Indonesia pulang pada Senin, 4 Juli 2023. Kisah-kisah di balik perjalanan haji pun bertebaran, salah satunya cerita tentang kepercayaan tentang apa pun yang dilakukan di Indonesia akan dibalas di Tanah Suci, entah umroh atau haji. Salah satu cerita lucu tentang orang Madura yang sedang naik haji dan beristighfar ketika mandi di hotel.

Seperti diceritakan dalam buku Orang Madura Naik Haji Mati Ketawa ala Orang-Orang Madura karya Abdul Mukti Thabrani. Orang Madura itu bernama Marhawi, dia buta huruf dan buta angka.

Ketika tiba di Madinah, kloter Marhawi ditempatkan di hotel berbintang yang lokasinya dekat dengan Masjid Nabawi dengan fasilitas kelas wahid. Namun, kloter haji yang ditempatkan di hotel tersebut kurang "klop" dengan penghuninya, orang Madura, yang rata-rata belum pernah menginjakkan kaki di hotel.

.

BACA JUGA: Kisah Pilu Warga Belanda Ketika Disekap Jepang: Ditusuk Besi Panas Hingga Terpaksa Jadi LGBT

Marhawi misalnya, saat ingin mandi tidak bisa membedakan shower keran air panas dan air dingin. Ia kaget ketika memutar keran shower yang keluar selalu air panas. Pikirannya pun langsung berubah.

Marhawi pucat mengingat dosa-dosanya selama ini. Ia yakin inilah pembalasan dosanya, seperti yang diceritakan orang-orang tentang balasan dosa di Tanah Suci.

BACA JUGA: Sejarah Gelar Haji di Indonesia, Diberikan Belanda untuk Redam Perlawanan Umat Islam

Namun itu semua bukan seperti yang dipikirkan Marhawi. Ia hanya salah pencet keran karena selalu memencet warna merah. Padahal, ada keran warna biru yang memancarkan air dingin.

Kejadian itu pun membuat Marhawi gelisah akan dosa. Hingga ia sadar dan malu ketika bercerita kepada teman-temannya tentang tragedi air panas tersebut. Rupanya ia yang salah karena tidak memencet keran warna biru.

"Ternyata tidak ada hubungan yang erat antara dosa dan air panas."

.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

> Humor Gus Dur: Anggota DPR Dipanggil Prof, Dikira Profesor Ternyata Provokator

> 3 Ulama Indonesia yang Jadi Imam di Masjidil Haram Mekkah

> Pendeta Saifudin Ibrahim Sebut Gus Dur tidak Pernah Sholat

> Berburu Janda Pejabat Belanda di Batavia, Orang Tionghoa Cari PSK di Mangga Besar

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image