Home > Hikmah

Apa Itu Kristen Muhammadiyah (KrisMuha)?

Kristen Muhammadiyah yang merujuk pada orang Kristen yang menjadi simpatisan Muhammadiyah.
Lahir varian baru, Kristen Muhammadiyah alias KrisMuha.
Lahir varian baru, Kristen Muhammadiyah alias KrisMuha.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Muhammadiyah menjadi buah bibir dalam beberapa hari terakhir menyusul lahirnya varian baru, Kristen Muhammadiyah alias KrisMuha. Kiprah Muhammadiyah yang semakin kosmopolis disebut-sebut membidani lahirnya Kristen Muhammadiyah yang merujuk pada orang Kristen yang menjadi simpatisan Muhammadiyah.

Fenomena unik ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Abdul Mu’ti dan Fajar Riza Ulhaq yang kemudian disusun dalam buku utuh berjudul Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis (LKKS) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk menggelar bedah buku di Kantor Kemendikbudristek, Senin (29/5/2023).

BACA JUGA: Alasan Warga Muhammadiyah Sholat Subuhnya tak Pakai Doa Qunut

.

Ketua LKKS PP Muhammadiyah, Fajar Riza Ulhaq menjelaskan, buku ini menggambarkan situasi toleransi di daerah-daerah terpencil di Indonesia, terutama di daerah 3 T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). Daerah-daerah pinggiran Indonesia yang dimaksud adalah Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT); Serui, Papua; dan Putussibau, Kalimantan Barat (Kalbar).

Fajar berkata, fenomena munculnya varian KrisMuha dapat dijelaskan oleh adanya interaksi yang intens antara siswa-siswa Muslim dan Kristen dalam lingkungan pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Namun, perlu dicatat bahwa interaksi tersebut tidak menghilangkan identitas mereka sebagai penganut agama Kristen yang taat.

BACA JUGA: Link Download GB WA Messenger 2023, Gratis Banyak Fitur Terbaru, Simpel dan Aman

“Kami tidak menduga ketertarikan dan antusiasme masyarakat (pembaca) terhadap karya ini masih sedemikian besar hingga saat ini, meskipun buku ini pernah diterbitkan 2009 silam. Inilah kontribusi Muhammadiyah dalam membangun generasi Indonesia yang lebih toleran, inklusif, dan terbiasa hidup bersama dalam perbedaan,” ucap Fajar.

Buku berjudul Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan sudah terbit sejak 2009, tetapi...

× Image