Home > Hikmah

Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Hadist Rasulullah SAW

Malam Lailatul Qadar disembunyikan oleh Allah.
Rasulullah mengabarkan ciri-ciri malam Lailatul Qadar. Foto: Republika.
Rasulullah mengabarkan ciri-ciri malam Lailatul Qadar. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Umat Islam seluruh dunia sedang menantikan turunnya malam Lailatul Qadar. Allah memang menyembunyikan kapan waktu turunnya malam Lailatul Qadar setiap tahunnya di bulan Ramadhan agar umat Islam bersungguh-sungguh mencari malam yang lebih baik dari 1.000 bulan itu. Namun, ada beberapa hadist Rasulullah Muhammad SAW yang mengungkapkan ciri-ciri atau tanda-tanda malam Lailatul Qadar.

Diriwayatkan Ath Thoyalisi, dari Ibnu Abbas, Rasulullullah SAW bersabda, "Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan".

BACA JUGA: Karyawan Sarinah Dilarang Pakai Jilbab, Ini Sosok Sarinah Pengasuh Soekarno yang Ajarkan Cinta Kasih

.

Hadist lainnya diriwayatkan Muslim, "Dari Abi bin Ka'ab, Rasulullah SAW bersabda: Subuh baru dari malam Lailatul Qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik".

Berlandaskan dua hadist tersebut bisa disimpulkan ketika Lailatul Qadar turun, udara dan angin pada malam itu akan terasa tenang. Tanda terjadinya malam Lailatul Qadar yang kedua adalah matahari yang terbit pada pagi hari dalam keadaan jernih, tidak ada pancaran sinaran.

BACA JUGA: Benarkah Lebaran 2023 di Arab Saudi Sama dengan Muhammadiyah?

Hadits selanjutnya juga diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Hurairah RA berkata, "Kami pernah berdiskusi tentang Lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW, beliau berkata: Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan". Dalam hadits tersebut, disebutkan tanda malam Lailatul Qadar selanjutnya terdapat pada bentuk bulan yang terlihat seperti separuh bulatan.

Namun dari keterangan hadist-hadist di atas, tidak semua malam Lailatul Qadar bisa dirasakan semua umat Islam. Karena itu, Sedulur, tugas utama kita sebagai umat Islam adalah menjalankan ibadah secara ikhlas dan hanya mengharap ridha Allah SWT.

BACA JUGA: Link Download GB WhatsApp untuk Instal di HP Android, Bonus 30 Fitur Keren

Seperti yang diriwayatkan Imam Thobari, Rasulullah mengatakan, "Itu (tanda-tanda Lailatul Qadar) tidak mesti, seorang Muslim bisa saja mendapatkan malam mulia tersebut dan ia tidak melihat atau mendengar sesuatu dari tanda-tanda itu."

.

SIMPAN JADWAL IMSYAK DAN BUKA PUASA RAMADHAN 2023

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download Lagu Mp3 Pakai Y2Mate, Mudah dari YouTube, Cepat Simpan di Smartphone

> Ciri-Ciri Orang yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

> Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> Download Lagu MP3 dengan MP3 Juice Gratis dari YouTube, Bisa Pakai Android atau iPhone

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image