Home > News

Meriahkan Ramadhan 2023, Republika Gelar Republika Ramadhan Festival di Masjid Istiqlal

Republika Ramadhan Festival diharapkan mampu menggerakan perekonomian melalui ekonomi syariah.
Pimpinan Redaksi Republika, Irfan Junaidi membuka Republika Ramadhan Festival (RRF) yang digelar di Masjid Istiqlal selama tiga hari, Jumat sampai Ahad (7--9/4/2023). Foto: Republika.
Pimpinan Redaksi Republika, Irfan Junaidi membuka Republika Ramadhan Festival (RRF) yang digelar di Masjid Istiqlal selama tiga hari, Jumat sampai Ahad (7--9/4/2023). Foto: Republika.

JAKARTA -- Republika menggelar Republika Ramadhan Festival (RRF) di Masjid Istiqlal, Jakarta. Acara yang berlangsung selama tiga hari, Jumat sampai Ahad, 7 April sampai 9 April 2023 itu akan menghadirkan serangkaian kegiatan mulai dari talk show, kajian keislaman, bazar, santunan hingga hiburan.

RRF digelar untuk memeriahkan Ramadhan 1444 hijriah. Pada hari pertama acara akan diisi Talkshow dengan tema “My Halal Lifestyle”. Kemudian pada hari kedua akan diisi talkshow tentang “Islamic Philantropy for Environment” dan pada hari ketiga akan diisi dengan tema “Halal Entrepreneurship, Concept and Opportunities.

Pimpinan Redaksi Republika, Irfan Junaidi berharap RRF dapat menggerakkan perekonomian melalui ekonomi syariah. "Acara ini merupakan komitmen Republika untuk senantiasa ikut serta menjadi bagian dari dinamika keumatan," kata Irfan Junaidi, Jumat (7/4/2023).

.

BACA JUGA: Cak Nun Kesal Batal Temani Soeharto Tobat di Masjid Istiqlal karena Dikerjain Gus Dur

Mengangkat tema Gaya Hidup Halal untuk Kebangkitan Ekonomi, RRF akan banyak mengangkat bahasan seputar ekonomi syariah dan gaya hidup halal. Irfan menjelaskan ekonomi syariah dan gaya hidup halal adalah prinsip yang perlu terus digaungkan sehingga dinamika keumatan dalam sisi ekonomi dan gaya hidup sehari-sehari bisa menyesuaikan dengan tata aturan yang telah ada selama ini.

Selain itu, kata Irfan, acara ini juga diharapkan bisa menjadi simpul pertemuan antarberbagai elemen keumatan. "Mereka yang bergiat di usaha kecil menengah, industri halal, ekonomsi syariah atau kajian-kajian di bidang yang lain bisa dipertemukan di acara ini," ucap Irfan.

BACA JUGA: Demi Bangun Masjid Istiqlal, Benteng Belanda Dihancurkan Pakai Dinamit

Irfan berharap, Republika Ramadhan Festival bisa digelar secara rutin. Melalui acara ini, masyarakat bisa menjalankan aktivitas amaliyahnya mengingat Ramadhan merupakan bulan yang membawa keberkahan dan kemuliaan.

"Kami mengundang semua masyarakat untuk hadir meramaikan dan menikmati acara ini bersama. Semoga Republika Ramadhan Festival ini bisa bermanfaat untuk semuanya," kata Irfan.

BACA JUGA: Melihat Foto dan Menonton Film Porno Apakah Membatalkan Puasa Ramadhan?

Dalam acara Republika Ramadhan Festival (RRF) 2023, Republika bersama Masjid Istiqlal berkolaborasi menyiapkan takjil dan puluhan ribu nasi kotak yang disediakan oleh panitia setiap harinya selama bulan suci Ramadhan. Puluhan ribu nasi kotak itu diberikan untuk umum dan untuk seluruh jamaah Masjid istiqlal.

Kepala Bagian Umum dan Humas Istiqlal, Ismail Chawidu, menyampaikan terima kasihnya kepada Republika atas kerja sama tersebut. “Atas nama badan pengelola masjid istiqlal, khususnya atasnya nama imam besar masjid istiqlal, KH Nasarudin Umar, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Republika untuk menyiapkan takjil kepada para jamaah masjid Istiqlal,” ujar Ismail.

BACA JUGA: Y2Mate: Download Lalu Convert Video (MP4) YouTube Jadi Mp3 Gratis dan Mudah Save Lagu di HP

Menurut Ismail, panitia amalia Ramadhan setiap harinya selalu membagikan makanan buka puasa. Setiap Senin sampai Kamis, Masjid Istiqlal menyiapkan 3.000 nasi kotak, kemudian pada Jum’at 4.000 nasi kotak, dan pada hari Sabtu dan Ahad masing-masing 5.000 kotak nasi.

“Karena itu, dana itu akan kami gunakan untuk menyiapkan buka puasa bersama dan mudah-mudahan pahalanya diterima Allah,” kata Ismail dalam sebuah unggahan video kepada Republika, Jumat (7/4/2023).

BACA JUGA: Download dan Instal GB WhatsApp 2023 di HP Android, Dapatkan Link GB WA Resmi dan 30 Fitur Menarik

Ismail mengapresiasi kerja sama ini dan berharap agar kerja sama Republika Ramadhan Festival ini akan kembali terjalin pada tahun-tahun mendatang. “Kami berharap pada tahun-tahun depan Republika akan terus memberikan bantuannya kepada masjid istiqlal,” ujar Ismail.

.

SIMPAN JADWAL IMSYAK DAN BUKA PUASA RAMADHAN 2023

.

BACA TULISAN MENARIK LAINNYA:

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Humor Gus Dur: Orang Jepang Sombong Mati Kutu di Depan Sopir Taksi

> Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Teringat Humor Gus Dur Tentang Unta Hewan Gurun yang Pendendam

> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

.

× Image