Home > Hikmah

Niat Sholat Tahajud, Dilengkapi Doa, Tata Cara, dan Jumlah Rakaat

Sholat tahajud bisa dilaksanakan pada malam hari setelah sholat Isya dan sebelum Subuh.
Sholat tahajud bisa digelar agar hajat terkabul.
Sholat tahajud bisa digelar agar hajat terkabul.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Selama Ramadhan, sholat tahajud digantikan dengan Sholat Tarawih. Namun bukan berarti Sedulur tidak boleh menjalankan Sholat Tahajud walau selepas Sholat Isya sudah mengerjakan Sholat Tawarih. Sedulur yang belum tahu niat, doa, dan tata caranya Sholat Tahajud bisa membaca penjelasan lengkapnya.

Sholat Tahajud dilaksanakan selepas Sholat Isya sebelum waktu Subuh tiba (Berdasarkan HR Al-Bukhari dan Muslim dari Aisyah, waktu pelaksanaan). Tetapi yang paling baik adalah pada sepertiga akhir malam (Berdasarkan HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Jabir).

BACA JUGA: Bolehkah Menerima Takjil untuk Buka Puasa Ramadhan dari Orang Kafir (Non-Muslim)?

.

HR Muslim dari Ibnu Abbas, menjelaskan Sholat Tahajud boleh dikerjakan sendirian atau berjamaah. Sholat Tahajud diawali dengan Sholat Iftitah dua rakaat. (Berdasarkan HR. Muslim, Ahmad dan Abu Daud dari Abu Hurairah).

Pada rakaat pertama, sebelum membaca Surah Al-Fatihah membaca doa iftitah: “Subhaanallaahi dzil-malakuuti wal-jabaruuti wal-kibriyaa’i wal ‘adzamah”. Artinya: “Maha suci Allah, Dzat yang memiliki kerajaan, kekuasaan, kebesaran, dan keagungan.”

BACA JUGA: Mandi Wajib Habis Adzan Subuh Apakah Puasa Ramadhannya Sah?

Setelah membaca Surah Al-Fatihah dan membaca surah lainnya, bacaan lainnya seperti; bacaan ruku’, i’tidal, sujud dan lainnya sama seperti sholat biasa.

Beberapa hadits Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam menjelaskan Sholat Tahajud bisa dilaksanakan dengan beberapa metode rakaat. Bisa empat rakaat satu salam atau dua rakaat satu salam.

1. Empat rakaat + empat rakaat + tiga rakaat (4 + 4 + 3 = 11 rakaat) (Berdasarkan HR. Al-Bukhari dari ‘Aisyah); atau

2. Dua rakaat iftitah + dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + satu rakaat (2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 1 = 13 rakaat). (Berdasarkan HR. Muslim dari ‘Aisyah).

BACA JUGA: Doa Akhir Bulan Syaban dan Doa Hari Pertama Ramadhan

Ketika Sholat Witir, Sedulur dianjurkan pada rakaat pertama membaca Surah al-A’la setelah membaca Surah Al-Fatihah. Di rakaat kedua membaca Surah Al-Kafirun dan Surah Al-Ikhlas pada rakaat yang ketiga.

Setelah salam, sambil duduk membaca: “Subhanal-malikil-qudduus.” (3x), lalu membaca: “Rabbil-malaaikati war-ruuh” (Berdasarkan HR. al-Baihaqi, juz 3/ no. 4640; Thabrani, juz 8/ no. 8115; Daruqutni, juz 2/ no. 2, dari Ubay bin Ka’ab. Hadits ini dikuatkan oleh ‘Iraqi). Terakhir, Sedulur bisa berdoa kepada Allah meminta segala hajat dunia dan akhirat.

BACA JUGA: Download Video TikTok Pakai HP dengan SSSTikTok, No Watermark, Video Jernih

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> GB WhatsApp (GB WA) Versi Januari 2023 Anti-banned, Gratis Download di Sini

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> Y2Mate: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Aman, Mudah, Cepat tanpa Buang Waktu

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Gratis Versi Terbaru di Sini: Banyak Update Fitur

> MP3 Juice: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Cepat tanpa Tunggu Lama

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image