Home > Sejarah

Jakarta Surganya Majelis Taklim untuk Ibu-Ibu Pengajian

Megawati Soekarno Putri menyindir ibu-ibu yang sering pergi ke pengajian.
Pengajian Ibu-Ibu
Pengajian Ibu-Ibu

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri mengkritisi banyaknya ibu-ibu yang sering mengikuti pengajian. Dampaknya dari seringnya mengikuti pengajian menurut Megawati adalah keluarga menjadi terlantar. Benarkah?

Bicara pengajian, Jakarta adalah salah satu kota yang bisa disebut taman-taman Firdaus. Banyak majelis taklim dan pengajian di ibu kota. Seperti di Majelis Taklim Kwitang, Jakarta Pusat, yang setiap Ahad pagi didatangi ribuan jamaah dari berbagai tempat di Jadebotabek. Majelis yang dibangun almarhum Habib Ali Alhabsji ini sudah berusia lebih dari satu abad dan merupakan salah satu majelis taklim tertua di Jakarta.

BACA JUGA: Gus Baha Ditanya Kiai Sepuh: Rokok Haram atau tidak? Barang Haram Memang Bagusnya Dibakar

Demikian pula di Majelis Taklim Asyafiiyah, Bali Matraman, Jakarta Selatan, hampir tidak kalah banyaknya kaum Muslimin dan Muslimat yang memadati pengajian yang dipimpin oleh KH Abdul Rasyid AS. Hal yang sama juga terlihat di Majelis Taklim Attahiriyah, Jl Kampung Melayu Besar, Jakarta Selatan, yang dibangun tokoh ulama Betawi, almarhum KH Tohir Rohili.

Tentu saja masih banyak lagi majelis taklim yang digelar tiap hari libur, baik pagi, siang, maupun malam. Di Majelis Taklim Rahmatan Lilalamin pimpinan Ustadz Husein Alatas, ratusan jamaahnya sebagian besar para mahasiswa.

BACA JUGA: SnapTik, Download Video TikTok tanpa Watermark, Gratis dan Simpel Cara Pakainya

Dalam sebuah hadis, Rasulullah telah bersabda: ”Apabila kalian melewati taman-taman surga maka bersimpuhlah. Para sahabat bertanya, apa yang dimaksud dengan taman-taman surga itu? Majelis-majelis zikir (taklim).” Khusus di Majelis Taklim Kwitang, Asyafiiyah, dan Attahiriyah, boleh dikata berinduk dari Habib Ali Alhabsji. Tidak heran kalau pada ketiga majelis taklim ini yang menjadi rujukannya antara lain An-Nasaih Ad-Dinniyah karangan Habib Abdullah Alhadad, sufi pencipta ratib Hadad.

Habib Ali yang dilahirkan di Betawi pada 1286 H (1868 M), wafat pada 1968 dalam usia 102 tahun. Di dalam majelis-majelis taklim para ulama Betawi lebih giat untuk mengajak umatnya menjaga akhlakul karimah.

BACA JUGA: Biaya Haji Naik, Humor Gus Dur: Pejabat Indonesia Lempar Jumroh, Eh Batunya Balik Lagi

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> GB WhatsApp (GB WA) Versi Januari 2023 Anti-banned, Gratis Download di Sini

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> Y2Mate: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Aman, Mudah, Cepat tanpa Buang Waktu

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Gratis Versi Terbaru di Sini: Banyak Update Fitur

> MP3 Juice: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Cepat tanpa Tunggu Lama

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image