Home > News

Apa Itu Earthquake Lights, Kilat Biru yang Muncul Saat Gempa Turki

Cahaya biru yang dipercaya sebagai earthquake light menerangi langit ketika gempa terjadi di Turki.
Gempa berkekuatan 7,8 Magnitudo mengguncang Turki. Foto; Republika.
Gempa berkekuatan 7,8 Magnitudo mengguncang Turki. Foto; Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Pascagempa berkekuatan 7,8 Magnitudo yang memporak-porandakan Turki, muncul sejumlah spekulasi tentang kehadiran cahaya gempa atau earthquake lights di langit Turki ketika gempa menerjang. Pertanyaannya adalah, apa itu earthquake lights?

Sejumlah video yang memperlihatkan cahaya biru menyala di langit Turki wara-wiri di media sosial. Cahaya yang diklaim sebagai earthquake lights tersebut memang muncul bertepatan saat gempa menerjang Turki.

BACA JUGA: Gempa Bumi Turki dan Kisah Pejabat Ottoman Nikahi Putri Panglima Pangeran Diponegoro

Warga Turki merekan earthquake lights yang berwarna biru menyinari langit Turki saat gempa terjadi. Foto: Tangkapan layar.
Warga Turki merekan earthquake lights yang berwarna biru menyinari langit Turki saat gempa terjadi. Foto: Tangkapan layar.

Earthquake lights itu terlihat warna biru toska terang. Kehadiran cahaya biru di langit Turki itu dipercaya kuat sebagai earthquake lights lantaran cahaya yang serupa muncul saat gempa berkekuatan magnitudo 7,4 menerjang Fukushima, Jepang pada 16 Maret 2022. Sejumlah video menunjukkan cahaya gempa terlihat menyinari langit Fukushima. Fenomena serupa juga terjadi ketika gempa berkekuatan Magnitudo 6,6 melanda Menyuan County, Qinghai Province pada 8 Januari 2022 dan gempa 7,1 M di Acapulco, Meksiko pada 7 September 2021.

Mengutip laman Nationalgeographic, earthquake lights atau cahaya gempa memang bisa muncul meski cukup jarang terjadi. Peneliti dari San Jose State University bernama Friedemann Freund mengaku memiliki catatan soal earthquake lights dalam Seismological Research Letters yang diterbitkan pada 2014. Dalam catatan itu disebtkan laporan tentang cahaya gempa sudah muncul sejak 1600-an.

BACA JUGA: Turki dan Suriah Digunjang Gempa 7,8 Magnetudo, Mengapa Gempa Bisa Terjadi?

Friedemann Freund menyebut earthquake lights muncul akibat gesekan bebatuan pada kerak bumi saat terjadi aktivitas seismik yang menyebabkan kemunculan energi listrik. Energi lalu lepas ke atmosfer saat gempa terjadi dan cahaya ini seringkali muncul sesaat sebelum gempa muncul, bukannya setelah gempa.

.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Y2Mate, Download Lagu Gratis Sepuasnya tak Hanya dari YouTube

> Download Lagu Pakai MP3 Juice, Gratis dari YouTube, TikTok, dan Instagram

> Download Lagu Pakai MP3 Juice, Gratis dari YouTube, TikTok, dan Instagram

> Bersatunya NU dan Muhammadiyah Bikin Penjajah Jepang Kebakaran Jenggot

> Download GB WhatsApp (GB WA) Pro V19.20 Terbaru, Bebas Iklan dan Anti-Blokir

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image