Home > Hikmah

Meski Ramalannya Benar Terjadi, Mengapa Umat Islam Dilarang Percaya Ramalan Zodiak? Ini Alasannya

Percaya kepada zodiak bisa berdampak besar, seperti tidak diterima sholat, sampai durhaka kepada Allah.
Waspada perdukunan di era digital seperti ramalan zodiak, shio hewan, sampai Feng Shui. Foto: IST.
Waspada perdukunan di era digital seperti ramalan zodiak, shio hewan, sampai Feng Shui. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Di era digital saat ini tak ada bagian dari kehidupan yang tidak tersentuh, termasuk praktik perdukunan. Umat Islam diminta mewaspadai bentuk perdukunan di era digital seperti praktik ramalan zodiak, shio hewan, sampai Feng Shui.

Dalam Fatwa Tarjih PP Muhammadiyah disebutkan ramalan zodiak termasuk bagian dari perdukunan. Banyak orang meyakini nasib baik dan buruknya berdasarkan ramalan tersebut. Pengistidlalannya didasarkan pada beberapa ayat dan hadis Nabi Muhammad Shalallahu Alahi Wassalam.

BACA JUGA: Download MP3 dari YouTube atau Lagu TikTok Pakai YTMP3, Gratis No Aplikasi

Ustadz Ruslan Fariadi dalam Pengajian Tarjih Muhammadiyah, Rabu (11/1/2023) mengatakan, ramalan zodiak semakin popular di kalangan sebagian masyarakat, karena dikemas dengan berbagai media teknologi informasi atau perdukunan digital. Para “aktivis perdukunan” berusaha untuk memodernisasi diri dengan melakukan modifikasi dan kreasi-inovatif sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi.

“Bentuk perdukunan digital ini banyak ada zodiak, horoskop, perbintangan, sio hewan, feng -shui, mitologi, membaca abjad/kartu arah rumah, suara binatang tertentu, karma, permainan jaelangkung, dan lain-lain,” kata Ustadz Ruslan seperti dinukil dari situs Muhammadiyah.

BACA JUGA: Alasan Orang Pergi ke Dukun: Dari Malas Berusaha, Korban Iklan, Sampai Cinta dan Benci Berlebihan

Ia berkata, jika memang ramalan zodiak terbukti, sikap terbaik ialah tidak perlu percaya sekalipun benar terjadi. Sebab, kata Ustadz Ruslan, mempercayai ramalan seperti itu akan membawa dampak yang serius seperti masuk dalam dosa besar, durhaka kepada Allah, tidak diterima sholatnya, racun dalam amal saleh, tidak diampuni, pengikut setan. "Dan hal tersebut masuk dalam tujuh hal yang membinasakan," kata dia.

Ruslan kemudian mengutip hadis Nabi Saw: “Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi saw. bersabda: “Jauhilah tujuh perkara yang membinasakan”. Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah itu? Beliau bersabda: “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan haq, memakan riba, makan harta anak yatim, kabur dari medan peperangan dan menuduh seorang wanita mu’min yang suci berbuat zina”. (HR. al-Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:
Ustadz Adi Hidayat: Percaya Ramalan Zodiak Seperti Berlomba dengan Orang Jahiliyah

Download GB WhatsApp Pro Apk Mod Terbaru, Bisa Kirim Video 1 GB

.

TONTON VIDEO PILIHAN:

BACA JUGA: Tranformasi Republika: Dari UGC hingga Demokratisasi Konten

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Download GB WhatsApp Terbaru 2023, Gratis Bisa Baca Pesan yang Sudah Dihapus

> SnapTik.App, Download Ribuan Video Viral TikTok, Bebas Watermark, Gratis Bisa dari HP Android

> Download Video TikTok Bebas Watermark, Gratis Pakai SssTikTok

> Savefrom.net: Download Lagu YouTube, Instagram, dan TikTok, Gratis Pakai Sepuasnya

> Arab Saudi Menghijau Disebut Tanda Akhir Zaman, Begini Jawaban Rasulullah Saat Ditanya Kapan Kiamat

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image